July 24, 2024

BRN | Jakarta – Pameran Florikultura bertaraf Internasional diberi nama FLOII (Floriculture Indonesia International) CONVEX 2022. Kembali diselenggarakan di Jakarta Convention Center pada tgl 14 hingga 16 Oktober 2022. Banyak peserta dari berbagai mancanegara berkesempatan berpartisipasi pada pameran bergengsi ini.

Salah satu booth yang hadir meramaikan pameran ini adalah bernama “Plant the Plants”. Tampil dengan nuansa warna putih dipadu dengan koleksi koleksi tanaman yang di tampilkan membuat penasaran mata yang melihat.

Andri S. Wibawa, Owner dari Plant the Plants kepada awak media menjelaskan tentang awal bisnis tanaman hiasnya serta keikutsertaannya di pameran Floriculture Indonesia International CONVEX 2022 ini.

” Usaha kami ini baru berjalan dua tahun, nama kami Plant the plants berawal karena kami fokusnya di landscaping tanaman, seperti di taman kota, komplek perumahan atau rumah orang, tapi tidak menutup kemungkinan juga karena kita punya tanaman koleksi, dan sekarang eranya tidak hanya kita melihat tanaman yang ada di rumah orang atau di pinggir jalan. Tetapi tanaman koleksi kita juga ada, “ucapnya, Jum’at (14/10/2022).

Lebih lanjut. Sambung andri. Untuk tanaman koleksi ini kita dapat dengan mengeluarkan modal di awal untuk membeli diluar, dan kemudian kita kembangkan. Dan rata rata yang kami bawakan di pameran ini adalah tanaman koleksi. Jenis Philodendron billietiae atau philo kabel busi, “terangnya.

Selain itu kita juga tidak sekedar jual tanaman tapi juga kita kemas dalam bentuk gift hadiah, yang biasanya untuk acara acara kantor, outing, dsbnya.

Kembali andri menjelaskan tentang core bisnis dari Plant the Plants adalah penjualan tanaman hias, menjual ekspor import tanaman ke luar negeri, landscaping tatanan taman kota,rumah atau komplek, dan penyewaan atau rental ke kantor. Juga untuk keperluan decorasi wedding. Jadi kita fokus di item item tersebut.

Andri menambahkan bahwa ini adalah kali ketiga keikutsertaan Plant the Plants di pameran ini. Tetapi dalam Pameran ini yang di tampilkan lebih banyak ke tanaman koleksi. Karena menurut nya tujuan dari Plant the Plants hadir di pameran ini lebih ke untuk memperkenalkan ke masyarakat atau branding.

‘Tujuan kita menghadirkan tanaman tanaman koleksi di pameran ini lebih ke brand awareness, biar orang lebih mengenal kita saja. Jadi kita menghadirkan booth dengan dekorasi seperti ini agar orang tertarik mengenal kita. Paling tidak mereka kepo (ada rasa ingin tahu),”ungkapnya.

Untuk jaringan pemasarannya sendiri. Kata andri, secara online via Media sosial seperti, Website, Facebook, Instagram, juga melalui Marketplace di Toko Pedia, dan Shopee.

Plant the plants berkantor di Taman Anggrek Ragunan, Kavling no. 35 Jakarta Selatan. dengan koleksi tanamannya dari berbagai jenis mencapai seribu tanaman.

Adapun untuk kisaran harga dari koleksi tanaman-tanaman hias nya ini. mulai dari yang termurah di harga 5ribu, 10ribu, 15ribu bahkan hingga yang termahal dari koleksinya yang pernah ada hingga mencapai harga 700jutaan. Dan untuk yang saat ini di pamerkan. harganya sekitar 550jutaan.

Andri berharap dengan adanya pameran ini, trend tanaman tetap terjaga. Tidak hanya trend tanaman seperti dulu yang pernah muncul dan kemudian drop. Tetapi dengan adanya pameran pameran seperti ini kita tetap menjaga eksistensi tanaman di dunia dan Indonesia tentunya, “pungkasnya.  *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *