July 21, 2024

BRN | Bandung – 14 Oktober 2022, Uji Terampil Glagaspur P1 dan P2 Lanal Bandung oleh Tim Kolat Koarmada I di Mako Lanal Bandung telah berakhir setelah menjalani berbagai uji ketangkasan selama 2 hari mulai dari tanggal 13 sampai dengan 14 Oktober 2022.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., menyampaikan bahwa rangkaian pelaksanaan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat 1/P1 dan Tingkat 2/P2 di Lanal Bandung telah dilaksanakan sebagai fungsi pembinaan, pengawasan dan pengendalian serta tindakan prefentif dalam rangka mengantisipasi kemungkinan penurunan kinerja di bidang operasi. Dimulai dari Uji Terampil perorangan maupun satuan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam pembinaan latihan yang dilaksanakan selama kurun waktu tertentu agar profesionalisme para prajurit dapat terpelihara dan terjaga, selain itu untuk menguji tingkat kesiap siagaan personel, material dan logistil pangkalan dalam mendukung tugas pokok yang diembannya.

Koreksi sasaran dan masukan dari Tim Uji Terampil Glagaspur Tingkat Pangkalan P1 dan P2 Kolat Koarmada I akan kami jadikan pedoman dalam melaksanakan tugas selanjutnya di Lanal Bandung dan untuk perbaikan organisasi Lanal Bandung saat ini maupun dimasa mendatang.

Danlanal Bandung juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Kolat Koarmada I yang telah berkenan hadir untuk melihat serta mengevaluasi sejauh mana kesiapan Lanal Bandung dalam menghadapi perkembangan situasi yang mungkin terjadi.

Sementara itu, Dankolat Koarmada I Kolonel Laut (P) I Bayu Trikuncoro, S.E., M.M., CHRMP., yang diwakili PgS. Wadan Kolat Koarmada I Letkol Laut Mar Hendra Zarnadi, S.Sos., M.Si., M.Tr.Opsla., mengatakan bahwa acara penutupan Uji Terampil kali ini, merupakan ungkapan syukur kita kepada Tuhan Yang Maha ESA, atas terlaksananya seluruh rangkaian kegiatan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P1 dan Tingkat 2/P2 di Lanal Bandung yang secara umum berjalan dengan tertib, aman dan lancar, hal ini didukung oleh semangat personel yang baik.

Kita sadari bersama bahwa dengan selesainya Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P1 dan Tingkat 2/P2 ini, masih banyak tugas ke depan yang harus kita kerjakan. Untuk itu saya berharap kepada peserta uji terampil, pengalaman dan sedikit pengetahuan yang diperoleh dalam pelaksanaan Uji Terampil ini dapat menjadi masukan dan koreksi sehingga pelaksanaan Glagaspur P1/P2 yang akan datang akan semakin lebih baik.

Peningkatan kemampuan harus terus dipupuk dan dikembangkan secara terprogram dan terus-menerus, bertingkat dan berlanjut baik individu maupun ditingkat satuan, sehingga tingkat kesiapsiagaan serta tingkat kemampuan prajurit di Pangkalan dapat terpelihara dan terjaga. Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kerja keras yang telah dilaksanakan. saya berharap dengan dilaksanakannya Uji Terampil Glagaspur Tingkat 1/P1 Dan Tingkat 2/P2 di Lanal Bandung, profesionalisme para prajurit dapat terpelihara dan terjaga yang pada gilirannya dapat menunjang pelaksanaan tugas pokok satuan.

(Pen Lanal Bandung/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *