July 20, 2024

BRN | Jakarta – Pameran Perdagangan Internasional terbesar di Indonesia untuk Industri Maritim & Lepas Pantai. Pameran International Ship Building, Offshore, Marine Equipment, Machinery and Services ke-10 kembali diselenggarakan di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta pada 19-21 Oktober 2022.

Hal ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan industri maritim yang sedang digarap oleh pemerintah. Ini mencakup industri pelayaran, pemilik kapal, lepas pantai, fasilitas pelabuhan & terminal, transportasi & logistik maritim, keselamatan dan keamanan di pelabuhan dan pelayaran dan perlindungan lingkungan.

CEO PT Skyreach, Rudy Haryoto, di temui awak media memaparkan beragam fasilitas yang dimiliki PT Skyreach, antara lain infrastruktur yang dimiliki dan dioperasikan sendiri, layanan pelanggan, teknologi terbaru, kecepatan dan ketepatan kerja, dan tim kerja yang ahli dibidangnya.

“Kami ini sudah bertahun-tahun menyediakan konektivitas di maritim dan kami saat ini juga mempunyai costumer referensi terbesar di indonesia untuk pemain lokal / penyedia lokal. Kami percaya bahwa konektiviti ini adalah komunitas, jadi kedepannya akan menjadi komunitas yang di butuhkan oleh setiap orang dan kedepan kami percaya, di laut itupun butuh internet seperti di rumah. Untuk itu makin banyak nanti ada pemain yang menyediakan di Indonesia, “ucapnya saat di wawancarai, Kamis (20/10/2022).

Lebih lanjut.Sambung Rudi. “Jadi akhirnya nanti di kapalpun kru kapal itu bisa menikmati internet. Mungkin tidak seperti seenak di rumah. Tetapi minimal komunikasi dengan keluarga menjadi sesuatu yang memungkinkan itu terjadi, tidak seperti blank seperti yang selama ini hanya menggunakan radio HT ataupun telepon satelit. tapi Sekarang jamannya internet orang bisa menggunakan vidio call, hiburan, produktivitas seperti aplikasi di kantor, seperti email, dsbnya. Konektivitas itu juga bisa membantu untuk meningkatkan efisiensi operasional kapal dan juga produktivitas
Seperti contoh kami menyediakan peralatan peralatan sensor di kapal yang kami sambungkan ke mesin dimana nanti dari kapal secara online mengirimkan kondisi perjalanan, seperti RPM, sensor gas buang, kecepatan kapal, dll bahkan bisa memberikan informasi mengenai seperti kondisi di laut, cuaca di laut dimana kapal berada itu kita siapkan, “ungkapnya.

Rudy menambahkan,”Produk kami masih import tetapi juga saat ini kami juga memproduksi alat di Indonesia. Jadi bisa membantu pemilik kapal untuk memantau kapalnya secara online. Juga membantu kapten untuk memantau kondisi kapalnya. Dan sudah ratusan kapal di Indonesia yang sudah memakai alat ini, bahkan kami sewakan juga. Jadi pemilik kapal tidak perlu menginvestasikan ratusan juta di depan. Tetapi mereka hanya membayar puluhan juta saja untuk layanan dan Hardware nya, “jelasnya.

Adapun alat yang diproduksi di Indonesia yang kami tampilkan di pameran ini adalah Sailink Voyager yaitu Alat komunikasi dan navigasi yang cukup lengkap, bisa melihat sensor kapal, peta dimana posisi kapal termasuk lokasi cuaca, dsbnya. Kecepatan kapal juga, CCTV juga ada. Jadi ini merupakan alat komunikasi, navigasi, pantauan telemetri bahkan chatting juga bisa.

Selain itu juga ada yang namanya Sailoger yaitu alat yang fungsinya mencatat kondisi mesin, RPM Mesin, kecepatan, sensor gas buang dan juga bisa chatting. Jadi versi kecil dari Sailink Voyager. Dan untuk kedua alat tersebut Yang pasti harganya terjangkau karena 100% buatan Indonesia, “ujar Rudy.

Ditanya terkait harapannya di Pameran ini, Rudy mengatakan bahwa,”Kami sudah bertahun-tahun ikut di pameran ini. Kalau tahun tahun sebelumnya sebelum covid, kami menampilkan bahwa kami adalah provider resmi di Indonesia berlisensi dari kominfo. Kami menyediakan layanan bagi kapal kapal di Indonesia dengan mengoperasikan infrastruktur kami sendiri, jadi kami mempunyai stasiun bumi di Cikarang- Jawa Barat yang kami mengoperasikan sendiri dan melayani kapal kapal di Indonesia baik swasta dan pemerintah, “ujarnya.

“Dulu di tahun tahun sebelum kami menunjukkan kepada market bahwa kami adalah operator dengan infrastruktur yang handal. Sekarang kami bukan hanya melayani secara koneksi tapi kami juga menambah dan memberikan perangkat yang bisa digunakan oleh pemilik kapal agar bisa semakin mempercanggih dan Mendeligitasi kapalnya, “tuturnya.

“Karena peralatan kami ini baru launching jadi di pameran ini kami juga memberikan harga khusus bagi para pengunjung atau costumer yang tertarik dan mampir ke booth kami, “pungkasnya.  *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *