July 20, 2024

BRN | Jakarta – 19 Oktober 2022,
Komandan Komando Penyelam dan Penyelamatan (Dankopebba) Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI) Laksamana Pertama TNI Ferdy Hendarto Susilo secara resmi membuka Pelatihan Tim Selam KRI/KAL TNI AL, dalam hal ini yang berada di jajaran Koarmada I, Wilayah Jakarta tahun 2022, di Ruang Rapat Dinas Penyelam Bawah Air Komando Armada I (Dislambair) Koarmada I, Pondok Dayung, Jakarta. (19/10)

Hadir pada pembukaan pelatihan tersebut, Pejabat Utama Kopebba Koarmada RI, Tim Kolatarmada RI dan Pelatih Dislambair I. Kegiatan Latihan ini diikuti 56 peserta yang berasal dari Satkor (8 KRI), Satfib (4 KRI), Satban (2 KRI, 1 KAL), dan Satrol Lantamal III (2 KAL dan 6 Personil Satrol). Waktu pelaksanaan latihan, dibagi menjadi 2 gelombang yaitu gelombang I mulai dari tanggal 19 s/d 25 Oktober 2022 dan gelombang kedua 26 s/d 1 Nopember 2022

Pada Latihan ini Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto bertindak sebagai Pimpinan Umum Latihan (Pimumlat), sedangkan Dankoppeba sebagai Perwira Pelaksana Latihan (Papelat). Dankoppeba Koarmada RI saat pembukaan latihan menyampaikan penekanan dari Pimumlat, bahwa latihan tim selam KRI/KAL ini merupakan upaya TNI AL dalam meningkatkan kualitas dan profesionalisme prajurit matra laut terutama pengawak Alutsista KRI dan KAL.

Materi yang dilatihkan merupakan pengembangan dari kemampuan menyelam dasar SCUBA yang telah dimiliki oleh seluruh peserta, dengan materi tambahan orientasi bangunan kapal bawah air dan pengenalan dasar-dasar penanggulangan kebocoran pada badan kapal.

Lebih lanjut Dankoppeba menegaskan, dengan adanya Latihan ini diharapkan pengawak KRI/KAL memiliki tim penyelam yang dapat melaksanakan observasi dan melakukan tindakan awal apabila terjadi kedaruratan dibawah air bawah saat kapal berlayar, sambil menunggu tindakan selanjutnya dari tim penyelam Koppeba/Dislambair tanpa menimbulkan kecelakaan kerja.

(Demikian Berita Dispen Koarmada RI/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *