July 21, 2024

BRN | Dumai – Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai melalui Pos Angkatan Laut (Posal) Selatpanjang melaksanakan Search and Rescue (SAR) dan evakuasi terhadap ABK KM. DBS 03 yang tenggelam karena cuaca buruk di Perairan Selat Malaka pada Posisi 1°15 – 460`N – 102 °39.919`E sekitar 10 NM dari Tanjung Sekodi dan 7 NM dari Tanjung Rangsang Provinsi Riau, Minggu (23/10/2022).

Kapal KM. DBS 03, bendera Indonesia, type general cargo yang berlayar dari Batam (Kabil) menuju Bengkalis dengan muatan 680 ton semen, mengalami cuaca buruk yang mengakibatkan air masuk ke dalam kamar mesin melalui manhole diduga yang menyebabkan kapal tenggelam.

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena, M.Tr. Hanla, melalui Danposal Selatpanjang Letda Laut (KH) Justin mengatakan setelah memperoleh informasi tersebut, anggota Posal Selatpanjang dan Satgas Ops Intelmar Koarmada I terjun langsung ke lokasi kejadian menggunakan Patkamla Pulau Jemur dan RIB (Rigid Inflatable Boat) Tim Satgas Ops Intelmar Koarmada I guna percepatan SAR dan evakuasi terhadap KM. DBS 03.

Sebanyak 9 (sembilan) ABK KM. DBS 03 berhasil ditemukan dalam keadaan selamat dan selanjutnya di evakuasi ke Posal Selatpanjang di Kepulauan Meranti Provinsi Riau sedangkan KM. DBS 03 tenggelam.

Hal ini sejalan dengan salah satu perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu TNI Angkatan Laut menjaga kepercayaan rakyat melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi masyarakat seperti melaksanakan SAR terhadap terhadap KM. DBS 03.

(Pen Lanal Dumai/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *