July 21, 2024

BRN | Jakarta – Dengan melandainya Pandemi Covid 19, tahun 2022 ini Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (Perkosmi ) kembali mengadakan Indonesia Cosmetic Ingredients (ICI) 2022, selama tiga hari pada 25 – 27 Oktober 2022. di Hall D JIEXPO Kemayoran Jakarta, dengan thema “Grab your Cosmetics Market with the latest Trend and Technology”. Dibawah koordinasi Perkosmi Jaya.

Ini merupakan ICI Terbesar yang diikuti oleh sekitar 93 peserta dengan jumlah total stand mencapai 402 stand, terdiri dari 344 Stand Pameran, 44 Stand Finished Goods, 14 stand Instansi Pemerintah dan Universitas. hingga pelaku indusri kecantikan dari luar negeri.

Beberapa pembaharuan dilakukan untuk kelengkapan event ICI 2022 ini seperti adanya Lab. Formulasi (Workshop) dan Innovation Zone.

Salah satu partisipan yang turut ambil bagian untuk meramaikan pameran ICI 2022 ini adalah PT. Infinisia Sumber Semesta, yang didirikan tahun 2012, dan berkantor di Jalan Daan Mogot. Perusahaan (Raw Material) Bahan Baku Kosmetik di Indonesia dengan distribusi perdagangan yang paling disukai dan layanan terdepan.

Drs. Mediana Hadiwidjaja, M.M., Ph.D., CEO PT. Infinisia Sumber Semesta menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya atas kembali di bukanya pameran ICI 2022 ini dimana sempat tertunda akibat wabah pandemi Covid 19.

“Kami senang sekali, akhirnya Indonesia di buka untuk kembali mengadakan pameran yang sudah tertunda sejak tahun 2018 terakhir dan pameran ini biasanya dilakukan setiap dua tahun. Saat ini Infinisia mengimpor bahan baku kosmetik dari seluruh dunia, kami ada dari Eropa, Korea, Jepang, Taiwan, Amerika, jadi hampir seluruh dunia kami mengimpor bahan baku kosmetik, “ungkapnya, Selasa (25/10/2022).

Menurut Mediana kehadirannya disini dengan 18 Booth, karena perusahaannya juga memegang beberapa Principals. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Perkosmi atas dukungannya untuk diadakannya acara ini.

” Ini adalah tempat dimana para Principals atau supplier berkumpul dengan para costumer seluruh Indonesia dan semoga acara ini semakin sukses dan nama Indonesia juga semakin maju dan costumer juga dibekali dengan pengetahuan karena bertemu langsung dengan Principalsnya disini, “ujar Mediana penuh semangat.

Mediana kembali menambahkan bahwa di boothnya hampir para Principals kembali membawa hasil produk inovasinya yang terbaru, bahkan hal hal yang belum pernah didengarnya tentang tehnologi tehnologi baru yang sedang dibutuhkan oleh costumernya.

Menurutnya saat ini untuk industri kosmetik di Indonesia sedang berkembang.

“Saya melihat sejak pandemi luar biasa perkembangan kosmetik di Indonesia, jadi untuk perkembangan kosmetik dari bahan baku itu sangat mendukung untuk terciptanya produk yang inovatif di market. Dan kita harap Indonesia tetap seperti ini menjadi tuan rumah kosmetik di negeri sendiri,”tuturnya.

Ditanya terkait ketersediaan bahan baku dari lokal sendiri, Mediana menjelaskan bahwa saat ini belum ada, oleh karena itu dia berharap bahwa kita harus fokus untuk bisa menciptakan atau memproduksi sendiri bahan baku termasuk resourcesingnya juga dari Indonesia sendiri.

“Saya berharap dalam waktu dekat ini Indonesia secara keseluruhan dari pemerintah, termasuk Universitas untuk bekerjasama untuk membuat bahan baku sendiri sehingga Indonesia tidak perlu import, “ucapnya.

Ini merupakan kali ke empat keikutsertaan Infinisia di pameran ICI 2022, Oleh karena itu Mediana berharap kalau Indonesia bisa mengadakan pameran seperti ini, mungkin kita tidak perlu keluar negeri. Jadi mungkin suatu saat pameran akan menjadi lebih besar lagi di Indonesia, bahkan dari negara luar yang datang kemari.

Dia juga berharap untuk penjualan bahan baku nya bukan hanya dari luar saja, tetapi harus cenderung memakai bahan dari lokal sendiri, sehingga targetnya bukan hanya untuk costumer orang Indonesia sendiri tetapi orang orang dari luar juga yang akan datang ke Indonesia, “tutup Mediana. *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *