July 21, 2024

BRN | Belawan – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, menghadiri Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Lapangan Pancing Astaka, Jalan William Iskandar Ps V, Kenangan Baru, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (28/10/2022).

Dalam rangkaian kegiatan upacara dilaksanakan pemberian penghargaan kepada pemuda berprestasi dan Lentera Pemuda Sumut diiringi lagu “Bagimu Negeri”.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Gubernur Sumatera Utara Letjend TNI (Purn) Edi Rahmayadi dalam membacakan Amanat Naskah Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dr. Zainudin Amali, M.Si., bahwa Peringatan Hari sumpah pemuda yang ke-94 kali ini mengambil tema Bersatu Bangun Bangsa, tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa tema bersatu Bangun Bangsa. Persatuan menjadi pengejaran nilai sumpah pemuda dalam kontek kekinian dan yang akan datang.

Pemuda menjadi penting karena di tangan pemudalah kita berharap Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dari sikap-sikap primordial suku agama ras dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa.

Maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia memiliki karakter kapasitas kemampuan inovasi kreativitas yang tinggi mandiri serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Pembentukan kompetensi dan mengasah kreativitas adalah pekerjaan utama pemuda Indonesia, persaingan global yang sangat keras dan beberapa tantangan yang tidak mudah. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini dari titik nol Indonesia untuk mengembangkan potensi yang ada, karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa sendiri dan membutuhkan sinkronisasi dan harmonisasi. Mari jadikan hari sumpah pemuda ini menjadi semangat untuk membangun Negara dan Bangsa Indonesia yang lebih baik lagi.

Hadir dalam kegiatan ini yaitu, Gubernur Provinsi Sumut Letjend TNI (Purn) Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjend TNI Achmad Daniel Cardin, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra S, Danlantamal I Laksma TNI Johanes Djanarko Wibowo, Pimpinan Forkopimda, Tokoh Pemuda, Para Mahasiswa dan Pelajar serta Tokoh Masyarakat.

(Dispen Lantamal I/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *