July 20, 2024

BRN | Jakarta – 1 November 2022, Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tugas dan fungsi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yang dilaksanakan oleh Inspektorat Koarmada RI, Selasa (1/11/2022) di Mako Koarmada RI. Jakarta Pusat, yang dihadiri secara tatap muka para pejabat Utama dan Kasatker Koarmada RI serta diikuti secara virtual (vicon) perwakilan dari Koarmada I, II dan III.

Acara sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Staf Koarmada RI (Kaskoarmada RI) Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan yang mewakili Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto. Pangkoarmada RI dalam sambutannya yang disampaikan Kaskoarmada RI mengatakan acara sosialisasi ini merupakan salah satu fungsi pembinaan untuk memberikan bimbingan dan pengarahan bagi personel Koarmada RI dan jajaran dalam bidang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

Lebih lanjut Pangkoarmada RI menjelaskan, kedua bidang tersebut merupakan pilar utama bagi terselenggaranya akuntabilitas tata kelola manajemen organisasi, sehingga diharapkan personel Koarmada RI dapat memenuhi tuntutan tugas serta menjamin terselenggaranya pengelolaan satker masing-masing secara lebih baik.

Sementara itu Ir Koarmada RI Laksamana Pertama TNI Arief Muchtarom, pada paparan menjelaskan tentang fungsi dan tugas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP). Selain itu diawal penjelasannya Ir Koarmada RI menyampaikan bahwa Inspektorat Koarmada RI bertugas membantu Pangkoarmada RI dalam menyelenggarakan pengawasan menuju tata kelola yang baik dan bersih (Good Goverment dan Clean Governance).Selanjutya acara sosialisasi ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sebagai penutup.

(Demikian Berita Dispen Koarmada RI/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *