July 20, 2024

BRN | Sibolga – Untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam membela bangsa dan negara, Pangkalan TNI AL (Danlanal) Sibolga laksanakan upacara tabur bunga di laut dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang serentak dilaksanakan pada tanggal 10 November 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan diatas geladak KAL Sarudik yang merupakan Kapal Patroli Lanal Sibolga sambil berlayar di Perairan Teluk Sibolga Perairan Pulau Poncan Gadang, Kamis (10/11/2022).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada kegiatan Upacara Tabur Bunga di Laut dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022 yang dipusatkan di Perairan Laut Pulau Poncan tersebut adalah PJ. Bupati Tapteng Yetty Sembiring.

Rangkaian kegiatan Peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 dengan mengangkat tema “Pahlawanku Teladanku” diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan yang dilanjutkan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa Pahlawan yang telah gugur.

Bupati Tapanuli Tengah mengawali pelarungan bunga dan prosesi tabur bunga ke laut yang diikuti oleh seluruh peserta upacara. Hal ini merupakan simbol untuk megenang jasa para Pahlawan dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Usai tabur bunga di laut, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas, M.Tr. Opsla., menyampaikan bahwa Upacara Tabur Bunga di laut merupakan wujud pemberian penghargaan dan penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur pada pertempuran laut dalam upaya merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Negara dan Bangsa Republik Indonesia.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Danrem 023/KS Kolonel Inf Dody Tri Winarto, S.I.P., M.Han., beserta Forkopimda Sibolga-Tapanuli Tengah diantaranya Walikota Sibolga H. Jamaluddin Pohan, Dandim 0211/TT Letkol Czi Mangatas Pandapotan Sibuea, S.H., M.Han., Dansatradar 234 Sibolga Letkol Lek Doddy Setiawan, M.Si., Han., Kapolres Kota Sibolga AKBP Taryono Raharja, S.H., S.I.K., Ketua Pengadilan Negeri Sibolga Lenny Lasminar S, S.H., M.H., Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Jimmy Crhistian Samma, S.I.K., Kakankemenag Kota Sibolga Dr. H. Bahrum Saleh, M.A., Ketua Persit KCK Koorcab Rem 023 PD I/BB Ny. Dian Nuzulia Dody Tri Winarto, Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab II DJA I Ny. Marina Cahyo Pamungkas, Ketua PIA Ardhya Garini, Ketua Bhayangkari Polres Sibolga dan Polres Tapteng.

Usai pelaksanaan Upacara Tabur Bunga di Laut, dilanjutnya dengan Bhakti Sosial, yakni pemberian tali asih kepada para Veteran Sibolga dan Tapanuli Tengah yang dipusatkan di Pelabuhan Sambas, Kota Sibolga.

(Pen Lanal Sibolga/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *