July 25, 2024

JAKARTA | Berita Rakyat Nusantara – Kembali digelar, Pendidikan Khusus Profesi Advokat atau PKPA 2022 yang diadakan oleh DPC Perhimpunan Advokat Indonesia atau PERADI Jakarta Barat. PKPA diselenggarakan kerjasama dengan Kepolisian Daerah Metro Jaya dan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

PKPA berlangsung dari hari Senin sampai Sabtu (14-19 November 2022), bertempat di Hotel Diraja, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan. Para peserta PKPA adalah para perwira Polri di wilayah Polda Metro Jaya. Para pemateri antara lain dari Praktisi Hukum, Pakar Hukum dan Akademisi Hukum. Jumlah peserta perwira polri yang mengikuti PKPA sebanyak 51 peserta dan merupakan angkatan ke 2.

Acara dimulai pada hari Senin (14/11/2022), dimulai dengan prosesi pembukaan PKPA yang dihadiri oleh pejabat perwira di wilayah Polda Metro Jaya dan juga para praktisi dan pakar hukum senior.

Acara pembukaan PKPA TA 2022.

Kabidkum Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Dr. Putu Putera Sadana, SH, M.Hum, M.M.,”Kami selalu kabidkum Polda Metro Jaya, maksud dan tujuan diadakan PKPA, pelatihan peningkatan kemampuan. Juga untuk meningkatkan kinerja reserse, kriminal khusus dan narkoba. Kita bekerjasama dengan Peradi, kita berharap 1 (satu) Minggu berjalan lancar.”

“Polri kedepan menjadi polri yang presisi sesuai arahan Kapolri dan juga meningkatkan kinerja polri, khususnya dalam penegakkan hukum, ” pungkas nya.

Kabidkum Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Dr. Putu Putera Sadana, SH, M.Hum, M.M.

Mewakili Rektor Universitas Bhayangkara, Dekan Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara, Dr. Slamet Pribadi SH, MH., “Kegiatan PKPA ini merupakan perwujudan dan kerjasama dengan PERADI. Ini adalah moment yang bagus, dimana anggota polri mengikuti PKPA. Sekarang bisa menjadi moment perubahan untuk mengedepankan keadilan, supaya kebijakan Kapolri yaitu Presisi dapat dimaksimalkan. Polri adalah penegak hukum dan bersinergi dengan Advokat.”

“Kita juga harus menjaga etika sebagai Advokat. Berkomunikasi dengan Pers diperlukan, namun harus sesuai dengan koridor yang dilakukan oleh seorang Advokat. Semoga menjadi moment perubahan dalam Kepolisian memberikan pelayanan hukum yang terbaik untuk masyarakat, ” pungkas nya.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara, Dr. Slamet Pribadi SH, MH.

Ketua Bidang PKPA, Sertifikasi dan kerjasama Universitas DPN Peradi, Ir. Firmanto Laksana Pangaribuan, S.H.,M.M.,M.H.,”Selamat kepada para peserta sudah hadir dan mengikuti PKPA tahun Anggaran 2022. Semoga pelaksanaan PKPA ini bisa meningkatkan pengetahuan mengenai hukum, sehingga meningkatkan profesionalitas dari tenaga penyidik, dalam hal ini polri dalam menjalankan tugas memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat,”ujarnya.

Wakil Ketua Umum DPN Peradi, H. Sutrisno, S.H., M.Hum.,”Alhamdulilah sekarang dilaksanakan PKPA secara tatap muka. Kita berharap dengan terselenggaranya PKPA ini hubungan kerjasama Peradi dan Polda Metro Jaya bisa bersinergi sesuai tugas masing-masing dalam menegakkan keadilan. Dengan Forum ini, para personil Polri di wilayah Polda Metro Jaya khususnya para penyidik bisa lebih menambah ilmu dalam bidang hukum, ” ujarnya.

Ketua Dewan Penasihat DPC Peradi Jakarta Barat, Dr. KRH, H. Henry Yosodiningrat, SH, MH, “Saya harapkan setelah mengikuti PKPA ini sebagai penegak hukum harus profesional dan berkeadilan. Basic Grade penyelenggaraan PKPA yang diadakan oleh PERADI termasuk yang terbaik.”

Ketua Dewan Penasihat DPC Peradi Jakarta Barat, Dr. KRH, H. Henry Yosodiningrat, S.H., M.H.

“Terima Kasih atas penyelenggaraan PKPA kerjasama Peradi dan Polda Metro Jaya melalui Universitas Bhayangkara Raya. Dengan penyelenggaraan ini, bisa meningkatkan profesionalisme dan penegak hukum oleh Kepolisian, ” ujarnya.

Yang mewakili Kapolda Metro Jaya, Irwasda Polda Metro Jaya, Drs, Kombes Pol Drs. Dwi Gunawan, M.M., “Penyelenggaraan PKPA tahun anggaran 2022, Bidkum Polda Metro Jaya menyelenggarakan PKPA untuk meningkatkan keprofesionalitas dan memberikan pelayanan hukum yang terbaik untuk masyarakat.”

Irwasda Polda Metro Jaya, Drs, Kombes Pol Drs. Dwi Gunawan, M.M.

“Saya mengucapkan terima kasih dengan Peradi yang membantu penyelenggaraan PKPA bagi para anggota Polri guna mencapai tenaga penegak hukum yang profesional dan berkualitas. Hari ini, saya mewakili Kapolda Metro Jaya, membuka PKPA tahun anggaran 2022, ” ujarnya mewakili kata sambutan Kapolda Metro Jaya.

Ketua DPC PERADI Jakarta Barat, Suhendra Asido Hutabarat, S.H., S.E., M.M., M.H., mengatakan, “Kami berterimakasih kepada Polda Metro Jaya atas terselenggaranya PKPA untuk kelas angkatan yang kedua ditahun 2022, yang bekerjasama dengan Universitas Bhayangkara.”

“Kelas khusus terdahulu, angkatan pertama tahun lalu dan yang sekarang kedua diikuti oleh 51 peserta anggota dari Polda Metro Jaya.”

“Saya berterima kasih dari pihak Polda Metro Jaya dan Universitas Bhayangkara atas terselenggaranya acara pembukaan PKPA tahun Angkatan 2022 ini. Saya berharap para peserta, khususnya anggota polri meningkatkan ilmun hukum serta mendalami materi apa yang disampaikan oleh pemateri yang berkualitas dari Peradi di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Otto Hasibuan. Kami menghadirkan yang terbaik di bidangnya karena memang kami konsisten sebagai satu wadah Advokat, sebagai wadah tunggal single sebagaimana dimaksud dalam undang-undang Advokat, ” ujarnya.

Foto bersama.

“Kami berterimakasih kepada Kapolda yang mempercayakan kami sebagai organisasi untuk bekerja sama dalam menyelenggarakan PKPA. Nantinya para peserta akan dapat mempelajari dan meningkatkan ilmu hukum, sehingga dalam praktek lapangan bisa dan tentunya semakin baik dalam pekerjaannya melayani di hadapan masyarakat pencari keadilan, ” kata Asido.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan plakat penghargaan kepada para tamu kehormatan ynag hadir, baik dari pihak Polda Metro Jaya, Universitas Bhayangkara dan Advokat. Secara resmi PKPA tahun Anggaran 2022 kerjasama DPC Peradi Jakarta Barat dengan Polda Metro Jaya dan Universitas Bhayangkara dibuka. (JN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *