July 20, 2024

BRN | TNI AL, Mempawah – Lantamal XII Pontianak,- Setelah menyelesaikan Etape III Napak Tilas Aruk 77 KM yang diawali start di Desa Tanjung Keracut Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas hari Minggu (13/11/2022), Wakil Komandan Lantamal XII Kolonel Marinir Budiarso, S.E., mewakili Komandan Lantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) menyambut pasukan Napak Tilas yang tiba di Rumah Sejarah Poskotis Satgas Hiu Yonif-5 KKO AL Tahun 1974 Aruk di Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (15/11/2022).

Pasukan Napak Tilas juga disambut oleh Muspida Kabupaten Sambas, Bupati Sambas diwakili Asisten 1 Kesra Drs. Sunaryo, Dandim 1208 Sambas Letkol Inf Dadang AS., S.I.P., Kapolres Sambas AKBP Laba Meliala, S.H., S.I.K., Dansatgas Pamtas 645/GTY Letkol Inf Hudallah, Kajari Sambas diwakili Kasi Perdata Widi, Camat Sajingan Besar Obertus, Kapolsek Sajingan Besar Iptu Rio, Danramil 02/Sejangkung Mayor Inf Suradi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan masyarakat dengan antusias dengan ikut mendampingi berjalan sampai titik akhir tujuan Napak Tilas.

Sementara itu, kelompok remaja putri Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas juga turut menyambut pasukan dengan menampilkan tarian daerah setempat.

Selesai penyambutan diteruskan mengikuti Upacara Hari Ulang Tahun Ke-77 Korps Marinir Tahun 2022 dengan tema “Marinir yang Profesional, Modern dan Tangguh Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” yang terpusat di Bumi Marinir Cilandak Jakarta Selatan secara Virtual dengan Irup Wakil Kepala Staf Angkatan Laut.

Wadan Lantamal XII Kolonel Budiarso, S.E., melaksanakan pemotongan tumpeng bersamaan di 33 titik Markas Satuan Marinir seluruh Indonesia kemudian diberikan kepada R. Dinggah Pelaku Sejarah sebagai sukarelawan Tenaga Bantuan Organisasi (TBO), dimana saat itu beliau menjabat sebagai Kepala Desa telah mendarmabaktikan jiwanya sebagai sukarelawan pemandu pergerakan Prajurit KKO AL Satgas Hiu Yon-5 Parachutis Amphibi yang tiba di Perbatasan Indonesia Malaysia di Dusun Aruk Desa Sebunga Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas Kalimantan Barat pada saat Operasi Dwikora di Kalimantan Barat. Kemudian dilanjutkan pembacaan prolog sejarah konfrontasi Indonesia-Malaysia.

Penyerahan cinderamata kepada Bupati sambas diwakili oleh Drs. Sunaryo, perwakilan pemilik rumah sejarah beserta penyerahan sertifikat kepada Ketua Pemuda Pancasia Sambas, perwakilan SMKN 1 Sambas, Ketua Dewan Adat Dayak Sambas, Komunitas Barongsai Kecamatan Sajingan yang berpartisipasi ikut dalam kegiatan Napak Tilas Aruk 77 KM. Kemudian dilanjutkan penyerahan bantuan sosial kepada perwakilan masyarakat oleh Wadan Lantamal XII.

Komandan Lantamal XII Pontianak Laksamana Pertama Suharto, S.H., M.Si.(Han) dalam sambutannya yang dibacakan Wadan Kolonel Marinir Budiarso, S.E., menyampaikan, “Hari ini kita telah selesai melaksanakan kegiatan Napak Tilas, ini tidak hanya untuk mengenang jasa para Pejuang Dwikora, akan tetapi kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kecintaan terhadap negara dan bangsa khususnya kepada anak bangsa sebagai generasi muda Indonesia,” ucap Wadan.

“Semoga kegiatan ini menjadi agenda rutin dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat di perbatasan Indonesia. Selain kegiatan Napak Tilas, kita juga melaksanakan renovasi rumah bersejarah Pos KKO Angkatan Laut Satgas Hiu Yon 5 Parachuitis Amfibi dan bakti sosial yang dilaksanakan di Dusun Aruk Desa Sebunga Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas Kalimantan Barat,” lanjut Kolonel Budiarso membacakan sambutan Danlantamal XII Pontianak.

“Kepada seluruh pihak yang telah ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan Napak Tilas, renovasi rumah pos Satgas Hiu Yonif 5 Parachutis Amfhibi KKO AL Tahun 1974 dan bakti sosial, saya selaku Komandan Lantamal XII Pontianak mengucapkan terima kasih sehingga kegiatan yang kita laksanakan dapat berjalan dengan lancar dan aman,” lanjutnya sebagai ucapan terima kasih.

Kegiatan ini selaras dengan sembilan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dan kebijakan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., antara lain berani berubah kearah yang lebih baik, keluar dari zona nyaman dan jangan terjebak rutinitas monoton.
Kembangkan ide dan inovasi baru yang bermanfaat, berfikir out of the box dan dimana pun TNI AL berada harus memberi manfaat kepada rakyat.

(Dispen Lantamal XII/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *