July 20, 2024

BRN | TNI AL, Mempawah – Lantamal XII, Pangkalan Utama TNI AL XII Pontianak mendukung penuh terselenggaranya Pekan Olahraga Provinsi Ke-XIII Tahun 2022 Kalimantan Barat khususnya cabang olahraga dayung, bertempat di Dermaga Satrol Lantamal XII, Jalan Komodor Yos Sudarso No.1 Pontianak Barat, Kota Pontianak Kalimantan Barat, Sabtu (19/11/2022).

Kegiatan lomba dayung dalam rangka POR XIII Provinsi Kalbar Tahun 2022 dilaksanakan dari tanggal 18-20 November, dibuka langsung oleh Ketua Umum PODSI Kalimantan Barat Dr. Drs. Adrianus Asia Sidot M.Si., diikuti oleh 13 tim dari Kota/Kabupaten Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam pembukaan ceremony cabang olahraga dayung dihadiri oleh Aspotmar Kolonel Marinir Ernst Rikumahu yang mewakili Danlantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han), Sultan Pontianak Syarif Abdurrahman Alkadrie, Dirpolair dalam hal ini diwakilkan, Kepala Basarnas, KSOP Pelabuhan Pontianak, Pejabat Utama Lantamal XII, Bupati Sintang dan tamu undangan lainnya.

Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) diwakilkan
Aspotmar Kolonel Marinir Ernst Rikumahu menyatakan, “Lantamal XII Pontianak sepenuhnya mendukung penyelenggaraan cabang olahraga dayung dalam rangka PORPROV XIII Kalbar 2022 dengan menyediakan fasilitas, sarana dan prasarana yang ada bisa digunakan serta personel pendukung, tim kesehatan, tim pengamanan, tim pendukung di start dan finish dengan menggunakan KAL dan Speedboat dan fasilitas lainnya guna suksesnya penyelenggaan cabang olah raga lomba dayung,” jelas Kolonel Marinir Ernst Rikumahu.

Kesiapan Lantamal XII Pontianak dengan memerintahkan satuan jajaran untuk mendukung sepenuhnya dengan melibatkan unsur KRI, KAL, Patkamla, Ranmor dan personel pendukung,” pungkasnya.

Ketua Umum PODSI Kalimantan Barat Dr. Drs. Adrianus Asia Sidot M.Si. dalam sambutannya menyampaikan,
“Pagi hari ini kita dapat melaksanakan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Barat ke-13 khususnya untuk cabang olahraga dayung, dayung ini adalah kebudayaan kita adat istiadat yang sudah dipegang sejak lama oleh masyarakat khususnya di Kalimantan Barat ini,” ucapnya.

“Olahraga dayung pada PORPROV XIII Tahun 2022 diperlombakan kali ini adalah ada beberapa kelas, perlu saya sampaikan juga bahwa prestasi dayung kita kalau dragonboat sudah go internasional. Kita pernah memboyong piala bergilir Sultan Brunei Sultan Hasanah Bolkiah di tahun 2017 sebelumnya, dan juga kita juara 1 di beberapa nomor,” jelasnya.

“Saya juga mendorong kabupaten-kabupaten lain untuk terus mengembangkan untuk meningkatkan prestasi dayung baik dragonboat maupun di rowing, kayak, kano karena ini yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional,” sambungnya.

“Dalam kesempatan ini saya mengaturkan ucapan terima kasih yang setulus tulusnya kepada bapak Komandan Lantamal XII Pontianak dan seluruh pejabat utama seluruh jajaran yang sudah mendukung dengan luar biasa penyelenggaraan lomba dayung dalam rangka PORPROV XIII tahun ini, komandan sendiri yang langsung mengatakan pada saya, Sudah, penyelenggaraannya di sini saja silakan pakai semua fasilitas yang ada,” ujar Adrianus.

“Pak Abdi ini sudah pusing tujuh keliling dananya kecil kita hanya dapat 65 juta dari KONI dan kita tidak menyalahkan KONI karena memang kondisi keuangan daerah bahkan juga nasional sekarang ini sedang menghadapi masalah akibat covid 19 ini, nah dengan keterbatasan yang ada kami mencoba untuk menyelenggarakan perlombaan ini dengan sebaik mungkin tentu dengan dukungan tadi dari Danlantamal, dari Dirpolair dari Basarnas, kemudian KSOP,” lanjutnya.

“Terima kasih sekali lagi kepada semua pihak yang sudah mendukung terselenggaranya perlombaan ini mudah-mudahan, Insya Allah perlombaan ini berjalan dengan lancar berkat dukungan bapak-bapak ibu-ibu semua dan seluruh atlet, jaga keamanan kemudian juga keamanan seluruh atlet dan juga sportivitas, karena memang keterbatasan peralatan kita, maka boleh jadi di staf maupun di finish ada masalah ya mudah-mudahan ini tidak terjadi tapi kalau pun itu terjadi kita selesaikan secara kekeluargaan, terima kasih dengan memohon berkat bimbingan dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa maka perlombaan dayung dalam rangka Pekan Olahraga Provinsi XIII Tahun 2022 ini dengan ini saya nyatakan resmi dibuka,” ucap Ketua Umum Podsi Kalbar.

(Dispen Lantamal XII/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *