July 21, 2024

JAKARTA | Beritarakyatnusantara – Penyelenggaraan Pendidikan Khusus Profesi Advokat atau PKPA 2022 yang diadakan oleh DPC Perhimpunan Advokat Indonesia atau PERADI Jakarta Barat kerjasama dengan Polda Metro Jaya serta Universitas Bhayangkara Jakarta Raya berakhir pada hari Sabtu, (19/11/2022).

Selama seminggu, 51 peserta PKPA TA 2022 mengikuti semua materi PKPA yang memberikan pendidikan, pengetahuan dan informasi mengenai ilmu hukum bagi personil Polri di Polda Metro Jaya tersebut.

Dalam kata sambutan pertama, Kabidkum Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Dr. Putu Putera Sadana, SH, M.Hum, M.M. mengatakan, “Selama Seminggu para peserta dari Polda Metro Jaya mengikuti PKPA. Kami mengucapkan terima kasih kepada Peradi dan Universitas Bhayangkara.

Kombes Putu Putera berharap semoga program PKPA ini terus berlanjut. “Diharapkan ilmu yang didapat dalam PKPA menjadi bekal dalam meningkatkan profesionalime dari kinerja rekan-rekan polisi untuk POLRI dan khusus nya Polda Metro Jaya,” ujarnya.

 

 

Dalam penutupan tersebut, hadir pula Wakil Rektor III Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Bidang Kemahasiswaan Brigjen. Pol. (Purn) Dr. H. Syahrir Kuba, S.Sos., S.Ik., S.H., M.H., M.M yang membacakan sambutan dari Rektor Universitas Bhayangkara.

Bapak Syahrir Kuba mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung program PKPA tahun Anggaran 2022. “Advokat adalah orang yang memberikan jasa hukum kepada masyarakat. Jadi yang diangkat jadi Advokat harus memenuhi syarat dengan mengikuti PKPA. Dari PKPA ini bisa membekali para calon Advokat. Ubhara Jaya sudah predikat terakreditasi B. Oleh karena itu, melalui program PKPA, para peserta memperoleh pengetahuan dan bekal salam menegakkan hukum positif, mempunyai kemampuan dalam menangani masalah hukum dan semua aspek dalam masalah hukum, ” pungkas Syahrir Kuba saat membacakan sambutan Rektor Universitas Bhayangkara Jaya

Dekan Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara, Dr. Slamet Pribadi SH, MH., “Sesuai komitmen dari Ubhara Jaya, maka penyelenggaraan PKPA terus bekerja sama dengan DPC Peradi Jakarta Barat. Himbauan saya sebagai Dekan, semua anggota kepolisian tetap menjaga moral, etika dan aturan yang berlaku.”

Ketua Umum Peradi, Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.C.L., M.M. melalui rekaman video turut memberikan kata sambutan. “Terima kasih kepada para peserta PKPA, para personil kepolisian dari Polda Metro Jaya. Memang setelah PKPA ini berakhir, para peserta yang masih aktif sebagai anggota Polri belum bisa disumpah menjadi seorang Advokat. Namun setelah pensiun, kalau sudah lulus ujian secara otomatis bisa langsung diambil sumpah sebagai seorang Advokat. Oleh karena itu, selamat sudah melewati program PKPA TA 2022 ini, sehingga nantinya jika nanti sudah bisa menjadi seorang Advokat, bisa menjadi rekan sejawat bersama saya sebagai Advokat, ” pungkas Ketua Umum Peradi jni.

Ketua Bidang PKPA, Sertifikasi dan kerjasama Universitas DPN Peradi, Ir. Firmanto Laksana Pangaribuan, S.H.,M.M.,M.H., “Selamat kepada para peserta sudah mengikuti PKPA. Banyak sekali juga hal-hal lain selain PKPA kita bisa bekerjasama antara Peradi dan Polri serta Ubhara Jaya. Saya ucapkan selamat dan marilah kita menegakkan hukum bersama-sama di Indonesia, ” pungkas nya.

Ketua panitia PKPA dari DPC Peradi Jakarta Barat, Illian Deta Arta Sari, S.H., MPPM., C.L.A menyatakan acara berjalan lancar. “Puji syukur PKPA berlangsung lancar sesuai harapn. Para polisi yang menjadi peserta sangat tertib dari awal hingga akhir dan selalu antusias dalam mengikuti setiap sesi,” ujarnya. Illian menambahkan, dengan selesainya PKPA bersama Polda Metro Jaya, maka DPC Peradi Jakarta Barat telah memberikan pendidikan pada sekitar 1600 peserta selama 16 bulan terakhir.

Setelah kata sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolik sertifikat telah mengikuti PKPA TA 2022 kepada perwakilan peserta. Dengan ini secara resmi acara penutupan PKPA tahun anggaran 2022 yang diselenggarakan boleh DPC Peradi Jakarta Barat dengan Polda Metro Jaya serta Universitas Bhayangkara Jaya berakhir.(**).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *