July 20, 2024

Sentul, Bogor – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia Tahun 2023, di Sentul International Convention Centre (SICC), Sentul, Jawa Barat, Selasa (17/01/2023).

Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 ini mengusung tema “Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi”. Rakornas yang dihadiri oleh 4.545 peserta ini akan terbagi dalam empat panel.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan bahwa pada tahun 2022 kolaborasi antara instansi pusat dan daerah mampu menjaga pertumbuhan ekonomi di tanah air.

“Melalui momentum yang baik ini diharapkan keempat panel dapat memberikan masukan dan arahan tentang langkah aplikatif yang harus dikerjakan oleh daerah, “tandas Tito.

Hadir pada Rakornas Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Se – Indonesia Tahun 2023, Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo, SH, MH

Penjabat Gubernur Provinsi
Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo, SH, MH mengatakan hari ini kegiatan ini sangat penting bagi kita, nomor satu, terkait pembangunan yang berjalan saat ini. di Provinsi Papua Pegunungan sendiri kita sudah mempersiapkan program – program yang nanti terkait dan menyentuh ke masyarakat, “ucapnya saat di temui usai acara Rakornas di Sentul Jawa Barat, Selasa (17/01/2023).

Lebih lanjut, Mantan pejabat Eselon I Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama Internasional pada Kejaksaan Agung (Kejagung) RI di Jakarta tersebut menjelaskan bahwa Provinsi Papua Pegunungan sendiri adalah pemerintah yang baru berjalan, dan kita sudah melantik beberapa SKPD, dan dalam beberapa minggu ini kita akan melantik beberapa SKP dengan eselon eselon tiga dan empat, “terangnya.

Nikolaus menambahkan,” terkait kegiatan ini sangat penting bagi kita, beberapa program yang disampaikan oleh Bapak Presiden perlu nanti akan kita jalankan di daerah sehingga bisa berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang di harapkan pemerintah pusat.

Ketika ditanya terkait investasi melalui investor di daerah yang dipimpin nya, Nikolaus mengatakan,”kita sangat mendukung, bahkan kalau bisa ada investor yang masuk untuk mengembangkan ekonomi, karena saya kira itu sangat penting, terkait infrastruktur, pariwisata, dan bahkan pertambangan itu perlu sekali dan penting. Karena ini berkaitan dengan penyerapan tenaga kerja yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat setempat juga, “ungkapnya.

“Kita harapkan supaya apa yang di sampaikan oleh pemerintah, pak menteri, pak presiden sendiri supaya kita betul – betul perhatikan semua dan kita implementasikan di daerah sehingga nanti program pemerintah terkait dengan ekonomi bisa meningkat, berjalan stabil sesuai dengan apa yang di harapkan pemerintah, “tutup Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Papua tersebut.

*(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *