October 26, 2024

BRN | Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima 580 berkas pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) DPR RI pada Pemilu 2024 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), ungkap Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono dalam acara penyerahan pendaftaran Bacaleg DPR RI partai P3 di KPU Pusat Jakarta, Jum’at (12/5/23).

Mardiono mendoakan KPU dapat menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu dengan sebaik-baiknya. Mardiono berharap hasil Pemilu 2024 dapat menjadi wujud kedaulatan rakyat Indonesia, imbuhnya.

Para petinggi dan simpatisan PPP ikut konvoi menggunakan sepeda. Tampak Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono dan Sekjen PPP Arwani Thomafi menggunakan sepeda listrik hijau. Terlihat pula atraksi marching band mengiringi rombongan PPP ke KPU.
“Pakai sepedanya sambil kita olahraga,” kata Mardiono saat tiba di Kantor KPU.

KPU telah menetapkan 18 parpol sebagai peserta Pemilu 2024. Mereka di antaranya PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, NasDem, Partai Buruh, Partai Gelora, PKS, PKN, Hanura, Partai Garuda, PAN, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, PSI, Perindo, PPP, dan Partai Ummat.

Selain PPP, terdapat tujuh partai politik yang sudah mendaftarkan bakal caleg tingkat DPR ke KPU. Mereka di antaranya PKS, Hanura, PDIP, NasDem, PAN, Partai Ummat, dan Partai Garuda.

Sementara itu ditempat yang sama, Bacaleg DPRD Provinsi Jawa Timur H.Akhmat, S.T. mengatakan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD provinsi Jawa Timur dari Dapil V meliputi kabupaten Lumajang dan kabupaten Jember.

H.Akhmat, S.T. menjelaskan DPRD mempunyai 3 fungsi : 1. Fungsi pengawasan/ controlling 2. Fungsi budgeting 3. Fungsi Badan pembentukan Perda Kalau di provinsi maupun kabupaten/ kota. Kalau yang ada di Senayan membahas undang undang, jelasnya.

Harapan kami dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD provinsi Jawa Timur minimal hidup kita bisa lebih bermanfaat untuk orang lain. Kalau kemarin skupnya Dapil kabupaten/ kota, sekarang provinsi meliputi dua kabupaten. Sehingga jangkauannya lebih luas bisa memberikan kontribusi positif bisa memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat. Target suara harus mencapai 150.000 untuk posisi aman, terangnya.

Kami selaku representatif/ wakil masyarakat harus bisa memperjuangkan apa yang menjadi kepentingan masyarakat. Kalau kita selaku representatif masyarakat tidak bisa memperjuangkan apa yang menjadi kepentingan masyarakat ngapain jadi wakil rakyat, cetusnya.

Untuk kebutuhan masyarakat dapil tergantung dari kearifan lokal masing masing dan semua wilayah tidak sama kebutuhannya. Kalau di daerah kami ada kebutuhan air, ada yang membutuhkan infrastruktur dan ada membutuhkan pupuk. Di daerah kami kabupaten Lumajang Produk Domestk Regional Bruto (PDRB)sumbangan yang paling tinggi adalah sektor pertanian, bebernya.

Target P3 untuk DPRD provinsi 2 kursi dan DPR RI minimal 1 kursi. Kalau semuanya maksimal bekerja bisa 2 kursi DPR RI. Hari ini tidak menutup kemungkinan dan tergantung calegnya. Kalau mereka betul-betul bisa maksimal dalam rangka menyapa masyarakat untuk bertemu dengan konstituennya atau timnya target 2 kursi bisa dipenuhi, terang anggota DPRD yang sudah menjabat 3 periode.

Himbauan kepada masyarakat, pilihlah caleg yang bisa turun ke masyarakat dan bisa memperjuangkan apa yang menjadi kepentingan masyarakat. Mari kita tutup untuk penggunaan money politics. Kalau money politics masih ada jangan salahkan wakil rakyat tetap mencari cari bagaimana bisa balik modal, tutupnya.    *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *