October 26, 2024

BRN | JAKARTA – Pada tahun 2023 ini, PERSI kembali mengadakan Seminar Nasional PERSI XIX, Seminar Tahunan Patient Safety XVII dan Hospital Expo XXXV pada tanggal 18 – 21 Oktober 2023 yang bertempat di Jakarta Convention Center dengan mengangkat tema: Sumber Daya Lokal dan Berdaya Saing Global dengan lomba Sesi Poster bertema : Patient Safety Champion
Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan pesan strategi melalui seminar, side event, maupun workshop dengan topik sesuai isu terkini bidang Kesehatan. Khusus pada Sesi Poster, pada acara nasional tahun ini yang bertepatan dengan Seminar Tahunan Keselamatan Pasien XVII memiliki konteks untuk melibatkan dan memberdayakan pasien dan/atau keluarga dalam program keselamatan pasien di Rumah Sakit.

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, RS Mandaya Royal Puri, pada event Acara Nasional PERSI tahun 2023 ini, kembali memperoleh prestasi Pemenang 1 Lomba Poster Session di bidang Keselamatan Pasien dengan tema A PEACE in REDMAP : Patient Engagement & Safety Champions di Breast Advanced Cancer Center (BRAVE) dengan juri yang dipimpin oleh dr. Nico Lumenta, K.Nefro, MM, MH.Kes, FISQua
Menurut dr. Sonny, M.Kes, FISQua, selaku QR Manager, prestasi ini sekaligus mempertahankan prestasi di tahun 2022, dimana RS Mandaya Royal Puri juga mendapatkan Pemenang 1 dan Pemenang Poster Favorit Poster Session pada acara nasional PERSI dan Seminar Tahunan Patient Safety Tahun 2022 dengan lift Tema : PENSIL : Pengalaman Baru di Layanan Terintegrasi Kedokteran Nuklir dan Molekular Teranostik. PENCIL sendiri merupakan dari kesatuan layanan yang terdiri dari Partnership, iNforming, Consultation, Involvement dan CoLlaboration. Hal ini sejalan dengan Visi dan Misi RS Mandaya Royal Puri yaitu Patient & Family Experience dan Centered Care.

RS Mandaya Royal Puri yang beroperasional 08 Maret 2022 dengan kapasitas 200 TT, 22 ruang rawat darurat dengan sistem perawatan 1 kamar 1 orang dan 20 unit Critical Care dengan pasien berada di kamar tersendiri, memiilki 3 Center of Excellence, yaitu pelayanan dengan fokus pada Advance Heart & Vascular Center, Advance Brain-Spine and Pain Center, dan Advance Cancer & Radiotherapy Center. Untuk rawat jalan, kami melakukan sistem kluster poliklinik dengan 14 klinik spesialis dan 47 layanan disertai 10 ruang terintegrasi untuk Preventive Healthcare Center (Medical Check Up Unit). Di usia ke-2 di tahun 2023 ini, kami melakukan peresmian BRAVE ( Breast Advanced Cancer Center), yang diselenggarakan pada tanggal 21 Oktober 2023.

BRAVE adalah suatu layanan terintegrasi untuk pasien dengan ketersediaan kanker payudara, mulai dari skining sampai dengan diagnosis terapi tingkat molekuler. Mulai dari layanan dasar pemeriksaan fisik sampai tahapan layanan genetika molekuler di bidang farmakologi dan gen kanker khususnya pada payudara dengan dukungan 19 dokter spesialis onkologi multidisiplin dan teknologi canggih seperti analisa keganasan jaringan metode potong beku (VC), Radioterapi LINAC dengan teknologi radiosurgery (high gradien) dan terapi kombinasi (kemoterapi, imunoterapi & terapi bertarget).

Dengan adanya layanan BRAVE ini, kami berharap dapat membantu masyarakat Indonesia untuk lebih sadar akan pentingnya deteksi dini terhadap potensi kanker payudara, yang menurut data Departemen Kesehatan RI pada tahun 2023, lebih dari 43%-nya pada kasus kanker setiap tahun adalah kanker payudara. Kanker payudara di Indonesia juga merupakan salah satu penyumbang kematian terbanyak dengan 12% wanita yang menderita kanker payudara berakhir dengan kematian, sambung dr. Essy Osman, MM, CEO RS Mandaya Royal Puri.

Essy juga menyampaikan pada layanan BRAVE ini, RS Mandaya Royal Puri melakukan standar pengalaman pasien dan keterlibatan pasien dengan pemakaian alat Pengukuran Aktivasi Pasien dan Alat Uji Indikator Perawatan Suportif dan Paliatif.

A PEACE dalam REDMAP memiliki makna dimana PEACE berarti Patient Experience Anticipatory Care Engagement – ​​tekanan pengalaman pasien dalam perawatan bersifat antisipasi. REDMAP berarti tempat (peta) berwarna merah dan juga merupakan kerangka pelayanan berupa Ready-Expect-Diagnosis-Matters-Action-Plan.

Hal ini sesuai visi dan misi kami, dimana RS Mandaya Royal Puri dapat menjadi wadah bagi segenap wanita dengan kasus kanker payudara untuk mendapatkan layanan terintegrasi dan bersifat pencegahan di dekatnya serta tim onkologi kami dapat memberikan semangat lebih baik bagi segenap pasien kanker payudara untuk proses penyembuhan dengan berdasarkan layanan pengalaman pasien & perawatan terpusat.

Layanan BRAVE juga didukung tim Tumor Board dan Patient Safety Champion dari pihak keluarga yang tentunya telah memberikan edukasi mengenai : kondisi penyakit pasien, tata cara pemberian obat, tata laksana nyeri dan monitoring pasien secara berkala serta pencegahan pasien terhadap risiko jatuh serta perawatan paliatif oleh dokter yang telah bersertifikat.

Dr. Essy, mewakili segenap civitas akademika RS dan tim onkologi RS Mandaya Royal Puri, berharap dengan adanya penghargaan dan kegiatan tahunan PERSI ini, dapat memotivasi tim di RS Mandaya Royal Puri dan rumah sakit lain di Indonesia, untuk terus berinovasi demi kesembuhan pasien dan pengalaman pasien yang lebih baik. *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *