October 26, 2024

BRN | Pontianak – TNI AL, Lantamal XII,* Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit bidang operasi Keamanan Laut, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII menggelar Latihan Keamanan Laut (Latkamla) Tahap II tahun 2023 yang dibuka secara resmi oleh Asisten Operasional ( Asops) Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Herman Manangkalangi, SIP, MIPol. bertempat di Gd. Malahayati Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal XII Jl. Komodor Yos Sudarso No. 1 Pontianak Kalimantan Barat, Senin (11/6/2023).

Berdasarkan Peraturan Kasal Nomor Perkasal/32/V/2009 tanggal 4 Mei 2009 tentang Protap penegakan hukum dan penjagaan keamanan di Wilayah Laut Yurisdiksi Nasional TNI AL, Latkamla kali ini direncanakan berlangsung selama 2 hari dengan narasumber Pengawas Perikanan Ahli Pertama PSDKP Pontianak Bonis Andrei Tri Saputra dan diikuti oleh 104 personel Lantamal XII yang terdiri dari Perwira, Bintara dan Tamtama.

Dalam Berbagai Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Agoeng MKS yang pada kesempatan ini dibacakan oleh Asops Danlantamal XII menyampaikan wilayah kerja Lantamal XII memiliki potensi munculnya pelanggaran pengawasan dan hukum di laut, sehingga diperlukan latihan keamanan di laut yang merupakan prosedur dan latihan rutin setiap tahun untuk meningkatkan kemampuan Personel Lantamal XII.

“Kegiatan ini merupakan upaya TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal XII untuk mendukung program dalam membina sumber daya manusia (SDM) pengawak alutsista yang kompeten dalam menjalankan setiap menerangkan,” tegas Asops Danlantamal XII.

Adapun tujuan dari dilaksanakannya Latihan Keamanan Laut Tahap II tahun 2023 ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta kemahiran prajurit yang bertugas di jajaran Lantamal XII dalam pengugasan dan memahami prosedur latihan keamanan laut baik teknis maupun taktis agar mampu menjalankan tugas sehingga tercapai kesiapan operasi dengan optimal.

Dispen Lantamal XII/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *