October 26, 2024

BRN | Jakarta – Sabtu 18 November 2023, Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IKAMISA pada bulan November Tahun 2023 ini kembali dapat menyelenggarakan salah satu Program Kegiatannya yaitu UKLAM TAHES (red: jalan sehat) bekerja sama dengan Kordinator Wilayah (Korwil) JABODETABEK. Kegiatan UKLAM TAHES ini kembali digelar di Jakarta setelah beberapa tahun terakhir tertunda dan tidak dapat menyelenggarakan kegiatan yang sama dikarenakan adanya pembatasan kegiatan/aktifitas akibat Pandemi Covid-19. Kegiatan UKLAM TAHES ini.diselenggarakan tepat pada hari ini Sabtu dan bertempat di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Selatan.

Adapun kegiatan ini dihadiri sebanyak kurang lebih 150 orang Alumnus SMA Negeri 1 Malang yang diwakili dari berbagai tahun lulusan mulai dari Alumnuslulusan tahun 1961 sampai Alumnus tahun 2000. Kegiatan ini sama sekali tidak dipungut biaya kepada seluruh peserta yang hadir, dan apabila dari peserta ada yang ingin merasakan kebersamaan dan gotong royong tidak menutup kemungkinan untuk peserta secara sukarela dipersilahkan membawa makanan Potluck yang diserahkan kepada Panitia kegiatan untuk dapat dinikmati bersama dengan para peserta lain.

Acara dimulai dengan adanya beberapa sambutan yaitu pertama dari Ketua Koordinator Wilayah JABODETABEK yaitu Ir. Freddy Franciscus MM., IPU, dilanjutkan oleh Ketua Umum IKAMISA yaitu Irjen Pol. (Purn) Anang Syarif Hidayat, dilanjutkan oleh Ketua Dewan Penasehat IKAMISA. Acara dimulai dengan Jalan Sehat mengelilingi sekitar wilayah GBK yang dilepas oleh Ketua Umum IKAMISA.

Kemudian dilanjutkan Senam Pagi dengan instruktur senam profesional. Salah satu sesi yang paling menarik adalah setelah sarapan pagi adanya Organ Tunggal dan bernyanyi berdendang bersama-sama seluruh Alumni IKAMISA.

Adapun tujuan dari diadakannya program kegiatan UKLAM TAHES IKAMISA ini selain untuk menjaga kesehatan dan kebugaran bagi sesama para Alumni, tujuan lebih luasnya adalah untuk menjaga eksistensi keberadaan IKAMISA serta perlunya diadakan acara kumpul bersama Alumni secara reguler untuk mempererat tali persaudaraan dan ajang silaturahmi sesuai semboyan IKAMISA yaitu “Seduluran Saklawase” (Bersaudara Selamanya).

“Kami bahagia sekali bisa menghubungkan antara sesama Alumni dari berbagai Angkatan yang kebetulan di hari ini yang hadir dari Angkatan Tahun 1961 sampai Tahun 2000. Dengan even seperti ini para Alumni dapat saling mengenal lintas angkatan dan mempererat tali persaudaraan selamanya sesuai semboyan IKAMISA yaitu “Seduluran Saklawase”. Kegiatan program UKLAM
TAHES ini selain dapat menyehatkan tubuh juga sebagai ajang kumpul bersama Alumni seperti ini sangat perlu diadakan secara reguler sebagai ajang silaturahmi bersama,” ucap Freddy Franciscus (Ketua Korwil IKAMISA JABODETABEK).

Sementara itu Ketua Umum IKAMISA: Irjen Pol. (Purn) Anang Syarif Hidayat mengatakan, IKAMISA kita arahkan tidak berafiliasi pada politik manapun, kita semua adalah organisasi sosial kemasyarakatan. Tidak ada arah kemanapun jadi semua netral. Makanya saya harapkan kita punya seragam macam-macam atau warna-warni. Mari kita tunjukan bahwa semua beragam, yang penting kita tetap bersatu,” ujarnya.

Lebih jauh Anang Syarif Hidayat menambahkan, Saya sudah anjurkan juga didalam grup juga tidak perlu kita sampaikan afiliasi politik kita, keinginan kita, dukungan kita, itu tidak boleh. Tapi semangat kita adalah semangat kebersamaan, persatuan. Mitreka Satata artinya sama dan sederajat diantara kita.

Harapan kita jadi IKAMISA suatu paguyupan yang isinya adalah kegiatan sosial kemasyarakatan, bebas dari politik tetap rukun, guyub, semangat dan sehat,” pungkasnya.

Tentang IKAMISA:

IKAMISA adalah singkatan dari Ikatan Alumni Mitreka Satata, SMA Negeri 1 Malang, merupakan organisasi nirlaba, wadah alumni lulusan SMA Negeri 1 Malang dari sejak tahun 1950-an hingga sekarang. Organisasi ini berpusat dan berkedudukan di Jakarta. Saat ini jumlah Alumni lulusan SMA Negeri 1 Malang telah lebih dari 10.000 orang yang tersebar di seluruh dunia. Untuk itu IKAMISA telah membentuk kepengurusan dan menunjuk beberapa koordinator wilayah seperti Koordinator Wilayah DKI Jakarta, Wilayah Jawa Barat, Wilayah Jawa Tengah, Wilayah Jawa Timur, Wilayah Sumatera dan lain-lain serta Koordinator Wilayah Luar Negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *