October 26, 2024

JAKARTA | BRN.com – Pendidikan Khusus Profesi Advokat Tahun Anggaran 2023 yang diadakan atas kerja sama Polda Metro Jaya, DPC Peradi Jakarta Barat dan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya atau Ubhara diadakan selama hampir seminggu, dari hari Senin (27/11/2023) hingga jumat (01 /12/2023), bertempat di hotel Diradja, jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan.

Pada hari Jumat (01/12/2023), pukul 13.00 WIB, bertempat di Hotel Diradja, jalan kapten Tendean, Jakarta Selatan, diadakan acara penutupan PKPA Tahun Anggaran 2023.

Hadir dalam acara penutupan tersebut antara lain, Kasubbid Sunluhkum Bidkum Polda Metro Jaya AKBP Dr. Armunanto Hutahaean, SE.,SH.,MH. yang mewakili Kabikum Polda Metro Jaya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ubhara Jaya, Brigjen Polisi (Purn) Dr.H.Syahrir Kuba, S.Sos, SIK, MM, MH., dan Ketua Bidang PKPA, Sertifikasi dan kerjasama Universitas DPN Peradi Dr .Ir. Firmanto Laksana Pangaribuan, SH,MM,MH

Pengurus PKPA DPC Peradi Jakarta Barat, Perwakilan Polda Metro Jaya dan Perwakilan Ubhara Jaya.

Brigjen Polisi (Purn) Dr.H.Syahrir Kuba, S.Sos, SIK, MM, MH. (Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ubhara Jaya) dalam kata Berbagai nya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sudah mendukung kerjasama PKPA Tahun Anggaran 2023 Polda Metro Jaya, DPC Peradi Jakarta Barat dan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Advokat adalah profesi yang memberikan jasa hukum baik di dalam dan di luar pengadilan dan memenuhi persyaratan sesuatu Undang-Undang nomor 18 tahun 2003 Pasal 1 Angka 1. Yang dapat diangkat menjadi Advokat adalah sarjana yang lulus dari pendidikan tinggi hukum dan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat yang dilaksanakan oleh organisasi Advokat. PKPA memberikan bekal pengetahuan hukum, keterampilan hukum yang diterima oleh calon Advokat sehingga nantinya menjadi Advokat yang profesional. Keterampilan hukum yang harus dimiliki diantaranya:
1. Ketrampilan menerapkan hukum yang positif dan juga pelayanan hukum kepada masyarakat.
2. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah hukum dan menjalankan tugas advokat secara profesional.
3. Mampu menerapkan pemikiran hukum secara yuridis dalam menyelesaikan masalah hukum., ” katanya.

Dr. Ir. Firmanto Laksana Pangaribuan, S.H.,M.M.,M.H.(Ketua Bidang PKPA, Sertifikasi dan kerjasama Universitas DPN Peradi),”Saya ucapkan berterimakasih kepada pihak Polda Metro Jaya dan Ubhara Jaya yang bekerjasama dengan pihak kami Peradi dalam menyelenggarakan PKPA tahun anggaran 2023. Kami juga memberikan penghargaan kepada para peserta PKPA anggota Polda Metro Jaya yang bersedia menyediakan waktunya untuk menyelesaikan kelas PKPA. Juga saya ucapkan para pemateri yang sudah memberikan materi yang berbobot mengenai ilmu hukum kepada para anggota Polda Metro Jaya yang mengikuti kelas PKPA. Kami harapkan nantinya jika para anggota Polda Metro Jaya, jika nanti sudah purna tugas sebagai polisi, bisa melanjutkan dengan mengambil profesi Advokat. Saya ucapkan selamat sekali lagi, ” pungkas Firmanto.

Kasubbid Sunluhkum Bidkum Polda Metro Jaya, AKBP Dr. Armunanto Hutahaean, SE.,SH.,MH., yang mewakili Kabidkum Polda Metro Jaya, membacakan kata sambutan dan menutup kelas PKPA Tahun Anggaran 2023.”Saya mewakili Polda Metro Jaya mengucapkan terimakasih atas kerjasama terselenggara PKPA TA 2023 dengan DPC Peradi Jakarta Barat dan Ubhara Jaya. Para peserta sudah mengikuti hingga selesai pendidikan dari hari Senin hingga Jumat ini dengan peserta sebanyak 50 orang kelas tatap mukamuka, yang diikuti oleh perwakilan sat krim dan Polres dijajaran wilayah Polda Metro Jaya. Para peserta menerima sebanyak 24 materi mengenai pengetahuan dan keterampilan dibidang hukum, baik dari pengajar Hukum, praktisi hukum, dosen dari Ubhara Jaya, hakim dan juga pengajar langsung dari DPN Peradi. Kami berterimakasih kepada Peradi yang ikut memperjuangkan di Indonesia kesetaraan hak antara setiap organisasi advokat yang telah membantu terlaksana nya PKPA ini. Pelaksanaan PKPA ini mendukung tugas Polri sebagai pengemban fungsi hukum serta meningkatkan sumber daya dan kualitas anggota Polri. Diharapkan tidak hanya PKPA, namun kerjasama antara Polri dan Peradi akan terus berlanjut dan terus bersinergi dalam menjaga dan menegakkan hukum di Indonesia. Secara resmi saya mewakili Polda Metro Jaya menutup PKPA Tahun Anggaran 2023 pada hari ini,” ujar Kasubbid Sunluhkum Bidkum Polda Metro Jaya AKBP Dr. Armunanto Hutahaean, SE.,SH.,MH menutup kelas PKPA tahun anggaran 2023.

Sedangkan diakhir acara, perwakilan kelas PKPA Angkatan 2023, Dr. Apollo Sinambela, S.S., S.H., M.Si., menanggapi dalam kata sambutan nya bahwa kelas PKPA tahun ini sangat berkesan dan menambah ilmu hukum bagi anggota polri. “Kami sangat berterimakasih mendapatkan materi pelajaran hukum dari para pemateri. Tentunya nanti ilmu tersebut sangat bermanfaat bagi kami dalam menjalankan tugas dan pengemban hukum di jajaran Polda Metro Jaya, ” tukasnya.

Diharapkan dengan penyelenggaraan kelas PKPA tahun anggaran 2023 yang diselenggarakan kerjasama Polda Metro Jaya, Ubhara Jaya dan DPC Peradi Jakarta Barat dapat meningkatkan kemampuan dalam bidang hukum yang nantinya tidak hanya berguna dalam menjalankan tugas pengemban penegakan hukum oleh Polri, namun juga bisa menjadi bekal dikala anggota Polri Pensiun dari Kepolisian dan bisa menjalankan profesi sebagai Advokat kedepannya. (JN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *