October 26, 2024

BRN | Jawa Tengah – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) melakuka peninjauan kesiapan pasokan BBM di Fuel Terminal Tegal dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) jalur non tol di wilayah Tegal dan Pekalongan, Jawa Tengah. Jelang libur Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), secara umum pasokan BBM di wilayah tersebut dalam kondisi aman.

“Kami ingin memastikan kesiapan pasokan BBM di Pantura, seperti Tegal dan Pekalongan, menyambut libur Nataru. Berdasarkan hasil pemantauan, pasokan BBM aman, tidak ada kekosongan di SPBU-SPBU,” ungkap Anggota Komite BPH Migas Iwan Prasetya Adhi, Kamis (21/12/2023).

Iwan menuturkan, Fuel Terminal Tegal telah menyiapkan dengan baik pasokan BBM menyambut Nataru ini. Demikian pula di SPBU-SPBU di sekitar wilayah tersebut, tidak mengalami kendala pasokan BBM, termasuk Solar.

“Memang kebutuhan BBM naik di sekitar 10-20% di atas rata-rata harian. Namun semua itu bisa dicukupi secara terkendali, termasuk Solar. Tidak ada kekosongan BBM,” tambah Iwan.

Sementara Anggota Komite Eman Salman Arief dalam kesempatan yang sama, meminta adanya antisipasi berupa tambahan pasokan BBM untuk jalur Pantura non tol, mengingat saat ini banyak truk-truk yang memilih melewati jalur tersebut.

“Jalur Pantura cukup padat karena banyak truk yang melintas di sana. Harus dilakukan penambahan pasokan karena terjadi pergeseran kepadatan dari truk-truk yang biasanya lewat tol, sekarang ke jalur non tol,” kata Eman.

Dia juga mengingatkan agar pihak terminal BBM dan SPBU tetap mengedepankan faktor keselamatan, mengingat di saat tahun baru banyak masyarakat yang memeriahkannya dengan pesta kembang api.

“Meski terminal BBM Tegal letaknya jauh dari pemukiman penduduk, namun kita tetap harus berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambah Eman.

Untuk menjaga ketersediaan pasokan BBM di wilayah Tegal dan Pekalongan, PT Pertamina Patra Niaga telah menyiapkan 3 SPBU kantong, serta motorist.

Hadir dalam kunjungan kerja ini, Fuel Terminal Manager Tegal Bushro Sihabudin Busthomy, SBM Rayon I Brebes – Kota Tegal Taufik R. Lubis, SBM Rayon II Kab. Tegal – Kab. Pemalang Ahmad Fernando, serta SBM Rayon III Kota/Kab Pekalongan Darryl Gomos Otniel Manullang.    *(Humas/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *