October 26, 2024

BRN | Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Erika Retnowati dan Anggota Komite BPH Migas Iwan Prasetya Adhi melakukan kunjungan kerja ke Fuel Terminal (FT) Bandung Grup Padalarang di Bandung, Jawa Barat, Jumat (12/01/2024), untuk memastikan pasokan BBM dan LPG menjelang Pemilihan Umum, serta kesiapan Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) aman dan lancar.

“Kami memastikan bahwa stok yang tersedia itu cukup aman, dan kita juga mengingatkan kepada teman-teman di Fuel Terminal bahwa harus diperhatikan juga terkait dengan armada pengangkutan yang kemungkinan harus ditambah, mengingat Fuel Terminal ini telah beroperasi selama 24 jam untuk distribusi BBM,” jelas Erika disela-sela kunjungan tersebut.

Selain distribusi BBM, Erika juga berkesempatan mengunjungi pangkalan agen LPG 3 kg untuk mengecek pelaksanaan dari pembelian LPG 3 Kg dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) berjalan lancar dan tidak ada kendala dalam proses penjualan/pembelian.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komite BPH Migas Iwan Prasetya Adhi lakukan monitoring di salah satu SPBU 34.405.05 dan menemui masyarakat yang tengah mengisi Jenis BBM Tertentu yaitu Minyak Solar. Iwan menaruh perhatian perihal penggunaan QR Code yang digunakan masyarakat untuk dijaga sehingga tidak mengalami kendala dalam proses pembelian BBM.

“Kita melihat di SPBU pelayanannya terhadap Solar lancar, tidak ada masalah. Hanya memang tadi masih dijumpai adanya alat pemindai yang terlihat sedikit mengalami kendala, jadi QR tidak terbaca di alat EDC, sehingga pembeli diminta untuk menunggu hingga 10 menit,” lanjutnya.

Iwan mengimbau masyarakat agar QR Code dijaga dengan baik karena berpotensi digunakan oleh orang lain dan agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Dia juga mengimbau selanjutnya Pertamina mengembangkan sistem aplikasi ini.

Supervisor Vice President Government Program Management PT Pertamina (Persero) Aris Mulya Azof mengucapkan apresiasi terhadap BPH Migas yang telah mengunjungi FT Bandung Grup Padalarang dan memberikan masukan kepada Pertamina dałam mempersiapkan stok BBM untuk kegiatan Pemilihan Umum 2024 dan RAFI 2024.

Turut hadir pada kunjungan ini, Tenaga Ahli Menteri ESDM Mulyono, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Mustika Pertiwi, VP PSO Management Eko Ricky S, serta Manager Fuel Terminal Bandung Grup Padalarang Novetra Senja Triama.   *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *