October 28, 2024

BRN | Jakarta – Kegiatan hari ini minggu tanggal 6 Nov 2022, BNPT mengajak 115 komunitas untuk bersama-sama membuat Parade Budaya di Car Free Day dari Sarinah – Bunderan HI – Sarinah Jakarta Pusat.

Acara tersebut memecahkan rekor MURI dengan Kriteria Komunitas Terbanyak yaitu 115 Komunitas yang ikut Parade Budaya.

Kegiatan Parade Budaya juga merupakan simbol kolaborasi antara pemerintah dengan masyarakat sipil dan komunitas yang mampu mengokohkan jati diri ke-Indonesiaan. Penguatan identitas budaya nasional bangsa Indonesia melalui parade tersebut ditunjukkan melalui para peserta yang mengenakan baju adat Nasional dan kebaya.

Dari semua yang hadir terdapat Barisan Berkebaya pada hari kemerdekaan RI berkebaya komunitas di Cawan Monas dan mengikuti Kirab Bendera pusaka, ikut dalam barisan ini, menyuarakan kebaya adalah Identitas Perempuan Indonesia, Kebaya adalah milik Indonesia.

“Perempuan dalam balutan kebaya itu menunjukan Identitas bangsanya Berbudaya. Barisan berkebaya Pertiwi Indonesia merasa bertanggung jawab untuk menghidupkan kembali budaya luhur berkebaya untuk memperkuat jati diri sebagai perempuan Indonesia. Karena itu pula Ketua kita berupaya untuk sesering mungkin memakai kain-kebaya sehari-hari, sebagai bagian dari pengamanan, ujar Miranti Serad Pertiwi Indonesia dan Anggota Timnas Hari Kebaya Nasional.

Sedangkan menurut Emi Wiranto Founder Sekar Ayu Jiwanta salah satu peserta acara ini mengatakan, dengan berbudaya berkebaya membangkitkan
pemberdayaan kebaya, menggerakan dan menghidupkan lini ekonomi UMKM seperti penjahit, kain, pembatik, penenun, pembuat assesories dan lain-lain.

“Memperkenalkan dan menurunkan warisan budaya ini kepada anak cucu kita untuk terus menerus. Dengan menggunakan berbudaya berkebaya dalam kegiatan sehari-hari kita, bekerja, berolah raga dan bersosial lainnya.
bangga berkebaya sebagai simbol perempuan Indonesia,”Pungkas Ibu Putri Kus Wisnu Wardani Anggota Dewan Pertimbangan Nasional yang mengangkat bendera mulai pagi ini. *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *