July 27, 2024

BRN | Jakarta, 20 Maret 2023 – Usia lanjut atau senioritas didefinisikan dalam Undang- Undang No. 13 Tahun 1998 sebagai masa seseorang mencapai usia 60 tahun. Secara global, populasi usia semakin meningkat, termasuk di Indonesia, dimana Perekonomian Nasional Survei Ekonomi (Susenas) Badan Pusat Statistik mencatat jumlah penduduk lanjut usia sebesar 10,48% pada Maret 2022.

Usia lanjut merupakan fase kehidupan yang unik, dengan kebutuhan dan gaya hidup yang tidak selalu sama dengan kelompok usia lainnya. Dulu, usia tua identik dengan keterbatasan, ketergantungan, dan kerentanan terhadap penyakit. Dengan kemajuan ilmu kedokteran dan berkembangnya berbagai produk yang mendukung tindakan preventif bagi lansia, maka harapan hidup lansia semakin meningkat sehingga dapat hidup sehat, mandiri, aktif, dan produktif, mendobrak persepsi lama.

“Menjadi Lansia adalah Anugerah, dan tidak semua orang berkesempatan untuk mengalaminya. Sebagai Lansia, saya sangat bersyukur di era yang sering disebut sebagai Golden Age ini, dimana saya masih aktif, mandiri, dan semangat. tentang belajar hal- hal baru. Satu hal penting menurut saya adalah aktif secara sosial, tidak ragu untuk mencari teman baru dan mengikuti perkembangan zaman,” ujar Naning Adiwoso, brand ambassador SENIOR EXPO.

Pada tahun 2002, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkenalkan konsep Penuaan Aktif – itu proses penuaan yang tetap sehat, optimal dalam aspek fisik, sosial, dan mental. Ini
sejalan dengan UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, dimana pemerintah berusaha untuk mencapainya pemeliharaan kesehatan yang memadai baik pada tingkat dasar maupun lanjutan. Kesehatan lanjut usia merupakan salah satu indikator Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2020-2024 dengan target 65% kabupaten/ kota yang memberikan pelayanan kesehatan lanjut usia pada tahun 2024.

“SENIOR EXPO diselenggarakan untuk mendukung peningkatan kualitas hidup penduduk lanjut usia, dari berbagai aspek antara lain kesehatan, kemandirian, dan berbagai kegiatan yang dapat diupayakan atau dilakukan oleh lansia SENIOR EXPO juga mengedepankan pendekatan preventif, bagaimana Berbagai produk dan layanan yang dihadirkan pada acara ini dapat membantu kita semua dalam mempersiapkan hari tua dan mendukung pola hidup sehat bagi para lansia,” kata Teddy Halim, Direktur PT Media Artha Sentosa, penyelenggara SENIOR EXPO.

SENIOR EXPO akan diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) mulai tanggal 30 November hingga 2 Desember 2023 Selama tiga hari, berbagai program dan kegiatan akan diadakan sebagai rangkaian acara yang terintegrasi, dan area pameran akan memamerkan berbagai produk dan layanan yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan mendukung gaya hidup sehat bagi lansia.

Acara ini juga didukung oleh Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Direktorat Kesehatan Usia Produktif dan Lansia, serta berbagai organisasi terkait, antara lain Alzheimer’s Indonesia (Alzi), Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), Asosiasi Fisioterapi Indonesia ( IFI), Perhimpunan Disiplin Jamu Obat Indonesia (POHMI), dan Persatuan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Indonesia (PDSKO) SENIOR EXPO dapat diikuti oleh para profesional medis, penyedia layanan perawatan lansia, akademisi, pembuat kebijakan, lansia, dan masyarakat umum. *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *