May 18, 2024

BRN | TNI AL, Lantamal XII,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Dr. Suharto pimpin Karya Bakti penanaman mangrove bersama dengan rombongan Satgas Operasi Trisila 2023 di Pesisir Pantai Sungai Bakau Besar Laut, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Rabu (26/04/2023).

Kegiatan penanaman mangrove di Desa Sungai Bakau Besar Laut merupakan rangkaian dari Karya Bakti Satgas Operasi Trisila 2023 yang hadir di Lantamal XII demi menunjukkan eksistensi Koarmada RI di Perairan Indonesia dan dilaksanakan menyeluruh di semua wilayah perairan yurisdiksi nasional.

Penanaman mangrove ini bertujuan mengurangi abrasi di wilayah Kalbar khususnya Desa Bakau Besar Laut. Diharapkan setelah penanaman mangrove selesai, seluruh pihak dalam hal ini Lantamal XII dan seluruh masyarakat sekitar dapat merawat, menjaga dan melestarikan tanaman mangrove agar terus tumbuh dan berkembang supaya wilayah pesisir Indonesia mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai.

Dalam sambutannya, Komandan Lantamal XII menyampaikan “Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk mendukung program pemerintah melakukan penanaman mangrove. Disamping itu, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi penyelamatan lingkungan pesisir dari abrasi pantai akibat gerusan air laut, serta diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dengan meningkatnya hasil tangkapan laut/ikan di wilayah mangrove tersebut. Kegiatan ini merupakan kegiatan berlanjut yang akan terus dilakukan oleh TNI AL khususnya Lantamal XII.”

(Dispen Lantamal XII/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *