May 30, 2024

BRN | TNI AL, Lanal Dumai,- Korban Laka Laut Kapal Penumpang SB. Evelyn Calisca 01 yang dinyatakan hilang telah berhasil ditemukan oleh Personel Pos Angkatan Laut (Posal) Tanjung Datuk di Perairan Sei Tawar, Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir pada titik koordinat 0.39.77 N – 203.58 atau 1 (satu) NM dari lokasi kejadian, Sabtu (29/04/2023).

Pos Angkatan Laut (Posal) Tanjung Datuk dibawah jajaran Lanal Dumai yang tergabung dalam Tim SAR pencarian korban yang belum ditemukan melaksanakan penyisiran di Perairan Sei Tawar menggunakan sarana patroli speed boat melihat sosok mayat berada di bibir pantai, selanjutnya mendekati dan ternyata benar melihat seorang mayat perempuan yang diduga korban dari Kapal SB. Evelyn Calisca 01 dalam posisi telungkup.

Selanjutnya personel melaporkan temuan mayat tersebut kepada Tim SAR, setelah dilaksanakan pengecekan benar bahwa sosok mayat perempuan yang ditemukan adalah korban laka laut kapal penumpang SB. Evelyn 01 yang belum ditemukan semenjak kejadian, adapun identitas korban atas nama Sdri. Karmel Zalma Alaya, jenis kelamin perempuan, umur 17 tahun, alamat Jalan M. Boya Lorong, Tangkuban Perahu, Kelurahan Tembilahan, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Inhil, Riau.

Selanjutnya Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Posal Tanjung Datuk, Polair Tembilahan, Basarnas Inhil, BPBD, Syahbandar Guntung dan masyarakat sekitar mengevakuasi jenazah untuk dibawa menuju ke Pelabuhan RSUD Tembilahan menggunakan Speed Ambulance Pemda Inhil.

Pada kesempatan terpisah, Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena, M.Tr. Hanla., menyampaikan kepada seluruh Posal dibawah jajarannya agar selalu membangun komunikasi sosial kepada pemilik dan pengguna jasa transportasi laut untuk mematuhi segala prosedur yang sudah ditentukan agar hal serupa tidak terjadi lagi dikemudian hari.

Dengan telah ditemukannya korban laka laut kapal SB. Evelyn Calisca 01 di Perairan Sei Tawar Pulau Burung Kecamatan Kateman Kabupaten Inhil Riau, jumlah korban yang dinyatakan meninggal dunia bertambah menjadi 12 orang dan 70 orang selamat.

(Pen Lanal Dumai/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *