May 18, 2024

BRN | Depok – Kamis 29 Juni 2023 pagi ini Kelapa Dua kota Depok dan sekitarnya sungguh amat cerah dan sejuk. Sehingga sholat Idul Adha tahun ini, bisa terlaksana dengan lancar didukung cuaca yang baik. Jamaah mesjid Jami Al Ikhwan tumpah ruah sampai jalanan beribadah khusuk menjalankan perintah Allah.

Usai sholat Idul Adha 1444H tahun ini, beramai-ramai melaksanakan pemotongan hewan kurban. Sandjoyo ketua DKM mesjid Al Ikhwan dalam wawancara dengan awak media Christy ; “Jamaah mesjid Jami Al Ikhwan sendiri terdiri dari warga RW.02, 05 dan 07, RW 02 meliputi komplek perumahan Kemhan yang terdiri dari 7 RT dan 5 RT non komplek sehingga ada 12 RT.”

“Tahun 2023 ini jamaah berkurban hewan 43 ekor kambing dan 9 ekor sapi, dari para jamaah. KASAD Jendral Dudung salah satu warga komplek hankam juga rutin berkurban tiap tahun 2 ekor sapi untuk mesjid Al Ikhwan. Untuk tahun yang kemarin malah 3 ekor sapi, karena yang 1 ekor sapi untuk dikantor ternyata dalam prosesnya kesulitan memotong sapi yang berukuran jumbo 900kg. Akhirnya diberikan kesini lagi.”

“Pendistribusian daging yang berjumlah 1500 pack @ 1.5kg ini untuk semua warga yang berkurban, yatim piatu, pesantren, tukang ojek, pemulung disekitar mesjid.
Setiap tahun dibentuk kepanitian untuk melaksanakan momen berbagi daging sesama kepada para kaum duafa yang setiap bulannya saja belum tentu terbeli daging. Tahun lalu hanya 1kg @ pack, kali ini alhamdullilah bertambah beratnya 1.5kg bersyukur.

“Pengurus mesjidpun boleh berbangga hati, bisa melakukannya. Mesjid Al Ikhwan sendiri sudah memilik no induk mesjid, SK Dewan Mesjid kota Depok, jadi sudah diakui pemerintah kota Depok, keberadaannya.

Harapan ketua DKM, Sandjoyo bahwa ibadah ummat muslim berkurban ini bisa ditingkatkan lagi setiap tahunnya, sehingga bisa memberi kebahagian kaum papa yang sangat jarang menikmati daging.
Amal ibadah yang berkurban, diterima Allah Subuhanah Wataallah.”

“Dilain waktu saat Idul Adha diberi kesempatan oleh Allah dan rejeki untuk berkurban. Juga untuk yang menerima dapat belajar bagaimana itu berkurban.
Semoga manfaat berbagi sesama ini bisa terus lestari.” Demikian menutup wawancaranya.

(Jurnalis Christy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *