May 20, 2024

BRN | TNI AL, Palembang,- Keluarga Besar Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang serta warga sekitar melaksnakan kegiatan Sholat Idul Adha 1444 H/2023 M tahun 2023, bertempat di Musholla Al-Hikmah Komplek TNI AL Arafuru, Jalan Mayor Laut Wiratno, Kelurahan Sei Buah, Palembang, Kamis (29/06/2023).

Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijah 1444 H atau bertepatan dengan 29 Juni 2023 dirayakan penuh kesederhanaan oleh segenap Prajurit dan PNS Lanal Palembang beserta keluarga secara khidmat.

ÀPelaksanaan Sholat Ied àyang dipimpin oleh Ustadz Amen sebagai Imam dan Khotib, dalam ceramahnya menyampaikan bahw momentum Hari Raya Idul Adha ini kita jadikan kesempatan untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Dengan ketaqwaan kita akan meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat, demikian juga kemuliaan seseorang ditentukan oleh kadar ketaqwaannya.

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan menyampaikan, “Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 H, Mohon maaf lahir dan batin. Alhamdulillah tahun ini diberikan limpahan keberkahan masih bisa melaksanakan Shalat Idul Adha dan semoga ibadah kurban kita tahun ini diterima Allah SWT”.

“Secara tidak langsung, peristiwa besar yang dialami oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ini dimaknai sebagai pesan simbolik agama, yang mengandung tiga hal pembelajaran, yakni Ketaqwaan, berkaitan dengan ketaatan seorang Hamba kepada Sang Pencipta dalam upaya menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Sosial Antar Umat Manusia, melalui proses pembagian daging kurban kepada para fakir miskin. Agama Islam mengajarkan kita untuk tetap mengedepankan rasa solidaritas dengan sesama manusia. Peningkatan Kualitas Diri, dalam hal ini berkaitan dengan sikap empati, kesadaran diri, hingga pengendalian diri sebagai akhlak terpuji seorang Muslim,” ungkap Danlanal Palembang.

Pada peringatan Idul Adha kali ini, terkumpul 4 ekor sapi dan 7 ekor kambing, salah satunya hewan Qurban bantuan dari Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang untuk disalurkan kepada para mustahik atau yang berhak menerima dan juga ke beberapa warga disekitar Komplek Arafuru Lanal Palembang. Semua hewan telah dipastikan dalam keadaan sehat, tidak cacat dan cukup umurnya. Hal ini merupakan syarat sah penyembelihan hewan kurban.

Usai dilaksanakan pemotongan, dilanjutkan dengan pendistribusian daging qurban kepada warga sekitar Komplek TNI AL Arafuru.

(Pen Lanal Palembang/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *