May 17, 2024

Tangerang Selatan | BRN – Kamis (12/10/2023). Kota Tangerang Selatan, yang merupakan bagian dari provinsi Banten, merupakan kota yang memiliki perkembangan pembangunan yang sangat pesat. Selain memusatkan pembangunan, Pemkot Tangerang Selatan selalu berbenah dalam memberikan pelayanan kepada warganya. Dari pelayanan tatap muka hingga secara online, sudah dilakukan oleh Pemkot Tangerang Selatan dalam kurun waktu 5 tahun sejak 2018.

Penanganan polusi udara yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang Selatan terus ditingkatkan. Beberapa kebijakan yang dilakukan antara lain;
1.Melakukan uji emisi kendaraan berkala.
2.Menanam pohon.
3.Memberlakukan work from home bagi pegawai.
4.Memperluas titik car free day.

Tak cukup itu, Pemkot melakukan pemantauan menggunakan alat yang terakreditasi yakni HVAS atau High Volume Air Sampler, dan dilakukan oleh laboratorium yang terakreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional).

Dasar peraturan yang digunakan adalah PP 22 tahun 2021 tentang penyelenggaraan dan perlindungan lingkungan hidup. Alhasil berdasarkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di tanggal 10 Agustus 2023 berada di angka 94 dengan baku mutu PM 2,5

Artinya kualitas udara di Tangerang Selatan masih dapat diterima pada kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan.

Berdasarkan hasil penilaian oleh Ombudsman Banten, Pemkot Tangerang Selatan mendapat nilai rata-rata 88,83 yang masuk kategori Zona Hijau kategori A predikat Kualitas Tertinggi.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan meraih hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik tertinggi di Provinsi Banten.

Dalam penilaian ini, OPD di Pemkot Tangerang Selatan yang dinilai antara lain DPMPTSP (Dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu) mendapatkan nilai 91,18, Dinas Sosial yang meraih nilai 89,08, Disdukcapil meraih nilai 88,35 dan Dinas Pendidikan dengan nilai 83,17.

Selain itu, dilakukan juga penilaian terhadap pelayanan jasa kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas yaitu Puskesmas Pondok Pucung yang meraih nilai 91,79 dan Puskesmas Kampung Sawah yang mendapatkan nilai 89.45. Semua OPD tersebut masuk ke dalam Zona Hijau.

Melalui hasil penilaian ini, Pemkot Tangerang Selatan menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Pemkot Tangerang Selatan akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik agar dapat memberikan kontribusi yang lebih baik bagi masyarakat.(RS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *