May 17, 2024

JAKARTA | BRN – Kamis (16/11/2023). Jenis musik disko, dance atau jenis musik yang memiliki beat (ketukan) cepat, tentunya tidak lepas dari seorang pioner atau ahli dalam me-mix (mengkombinasikan) alunan beat lagu disko. Adalah Disk Jockey atau biasa disebut DJ, menjadi profesi atau bidang pekerja musik yang me-mix alunan beat lagu-lagu disco.

Tentunya seorang DJ merupakan profesi atau salah satu pelaku seni musik. Juga profesi DJ menjadi profesi yang menjanjikan. Apalagi dunia gemerlap atau diskotik, sebagai tempat atraksi seorang DJ menampilkan ketrampilan mix musik disco, menjadi data tarik tersendiri bagi para penikmat musik disko. Dunia DJ sangat identik dengan massa yang hanya memikirkan kesenangan dari dunia musik.

Namun hal tersebut tidaklah benar. Buktinya, ada juga seorang DJ yang juga memiliki kepedulian sosial terhadap masyarakat, bahkan peduli terhadap dunia demokrasi di Indonesia.

Praqasta Kusuma, seorang DJ ternama yang pernah menjadi finalis Pioneer pro DJ, ternyata juga peduli dalam hal bersosialisasi dan juga peduli terhadap demokrasi.

Praqasta Kusuma sedang live performance.

Nyatanya, Praqasta Kusuma melakukan pendekatan dalam bersosialisasi mengenai demokrasi Indonesia kepada generasi melenial dan generasi Z, dengan perpaduan music top 40 tahun 2023 dan DJ.

“Menurut saya, karena kedua generasi itu menurut data adalah paling banyak yang melakukan golput(tidak memilih dalam pemilu-red). Oleh sebab itu, perlu ada pendekatan, salah satunya melalui musik,” pungkas Praqasta Kusuma.

Praqasta Kusuma bersama Rekan- rekan.

Praqasta Kusuma melakukan pendekatan dengan memberikan hiburan di selingi pembicaraan mengenai pemahaman hak memilih, sehingga mereka gen milenial dan gen Z bisa paham dan mau ikut serta dalam pesta demokrasi yang sebentar lagi akan di mulai pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Perfomace dari DJ Praqasta Kusuma juga bisa di saksikan di Chanel you tube riri.tv #praqasta
(JN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *