April 18, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 17 Januari 2024 ——- Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) sebagai Komando Utama Operasi adalah melaksanakan tugas menyelenggarakan operasi Angkutan Laut TNI dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Milter Selain Perang (OMSP) dan bantuan angkutan sesuai dengan kebijakan Panglima TNI. Sesuai dengan visi dan misi Kolinlamil, yakni menyelenggarakan angkutan laut TNI dalam mendukung sistem pertahanan negara dan membina potensi Angkutan Laut Nasional (Anglanas) guna kepentingan pertahanan dalam rangka mendukung kebijakan Pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, sedangkan misi Kolinlamil adalah terwujudnya Kolinlamil yang profesional, modern dan tangguh untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong.

Bertempat di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (17/1) Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., mengambil apel gelar kesiapan Satuan Tugas (Satgas) Muhibah Port Visit ke Mesir tahun 2024 dengan tujuan pelayaran muhibah yang akan berlangsung kurang lebih 50 hari ini adalah untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat palestina. Dalam kegiatan tersebut acara turut dihadiri oleh Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(J) M.A., M.M.S., CHRMP, tampak dihadiri juga Pangkoarmada I, Waasop Kasal, Pejabat Utama Pangkoarmada RI dan Pejabat Utama Kolinlamil serta Kasatker Kolinlamil.

Dalam amanatnya yang disampaikan Pangkoarmada RI mengatakan bahwa, apel gelar pasukan ini saya berharap seluruh penyiapan baik kondisi tehnis kapal angkut, yaitu KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat 992 dan 214 personel Satgas serta material bantuan kemanusiaan yang akan dibawa seluruhnya dalam keadaan siap.

“Pelayaran muhibah ini adalah tugas mulia, untuk itu laksanakan dengan baik, dan disiplin dalam setiap kegiatan, serta ikuti aturan yang berlaku, mulai dari pelayaran menuju Mesir, kegiatan debarkasi material, sampai dengan pelayaran kembali ke tanah air. Manfaatkan waktu yang ada setelah apel ini, check and re-check kesiapan kapal, personel dan material yang akan dibawa.” Jelas Pangkoarmada RI.

Pada kesempatan tersebut, Pangkolinlamil mengatakan, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat 992 siap berlayar lintas samudera untuk menuju perairan aman dekat Gaza demi membantu merawat dan memberikan pelayanan kesehatan kepada rakyat Palestina korban perang. Pelayaran itu menjadi misi pertama KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat 992 melintasi samudera dan keluar dari perairan Indonesia.

(Dispen Kolinlamil/LI).

#tniprima
#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *