April 23, 2024

BRN, TNI AL, Dumai,- Sebanyak 40 orang PMI (Pekerja Migran Indonesia) Non Prosedural berhasil diamankan oleh Tim Gabungan F1QR Lanal Dumai dan Satgas Opsintelmar Koarmada I, di Pantai Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai Provinsi Riau, tepatnya pada titik koordinat 1°39’36.7″N 101°39’32.4″E, Rabu (06/03/2024).

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel, M.Tr.Hanla., M.M., menyampaikan bahwa berawal dari Tim Gabungan F1QR Lanal Dumai dan Satgas Opsintelmar Koarmada I mendeteksi adanya speed berkecepatan tinggi melintas di Perairan Rupat mengarah ke Pesisir Pelintung Dumai, selanjutnya menginfokan hal tersebut kepada Tim lainnya yang berada di Pesisir Pelintung Dumai.

Mengetahui hal tersebut, tim yang di darat melaksanakan penyisiran, pemantauan dan pengintaian ke dalam hutan sawit hingga ke bibir Pantai Pelintung Kota Dumai Provinsi Riau, dan pada pukul 05.15 WIB, Tim menemukan diduga PMI Non Prosedural kembali dari Malaysia sebanyak 40 orang PMI (32 laki-laki dan 8 perempuan) yang sedang mengendap di hutan bakau tepatnya di pinggir Pantai Pelintung Kota Dumai Provinsi Riau yang sedang menunggu mobil penjemput dan rencana akan dibawa ke Terminal Kota Dumai.

Selanjutnya 40 orang PMI Non Prosedural tersebut dibawa ke Lanal Dumai untuk dilaksanakan pengecekan kesehatan, pengecekan barang bawaan, dan pendataan.

Diduga para PMI Non Prosedural melakukan pelanggaran UU 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, selanjutnya PMI Non Prosedural dan barang bukti diserahkan ke P4MI (Pos Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) Kota Dumai untuk proses lebih lanjut.

Keberhasilan TNI AL dalam mengamankan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural dari Malaysia, merupakan salah satu bentuk kesiapan dan kesiapsiagaan TNI AL dalam menghadapi berbagai ancaman Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah kerjanya hal tersebut sesuai instruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI DR. Muhammad Ali.

(Pen Lanal Dumai/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *