July 14, 2024

BRN, TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., memimpin Rapat Staf dan Danlanal jajaran Lantamal I, bertempat di Ruang Rapat Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01 Belawan, Sumatera Utara Senin (1/4/2024).

Adapun pembahasan dalam rapat tersebut yakni, perihal tugas pokok Lantamal I dan memberikan perhatian kepada seluruh Danlanal jajaran Lantamal I Belawan agar selalu waspada terhadap illegal fishing dan perdagangan manusia, penyeludupan narkoba, serta kesiapan unsur.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pembinaan fungsi Komando, yang dilaksanakan oleh pimpinan Lantamal I kepada Pangkalan jajarannya yang bertujuan untuk kesamaan persepsi terkait tugas pokok dan fungsi Pangkalan TNI AL, maupun Lanal jajaran, sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, Danlantamal I menyampaikan beberapa penekanan yang perlu menjadi perhatian seluruh Lanal jajaran Lantamal I. Pertama, bahwa peran Lanal merupakan bagian dari organisasi Lantamal I, baik secara administrasi maupun fungsi operasional. Kedua, dalam hal penyelenggaraan penerimaan prajurit TNI AL yang dilaksanakan Lanal sebagai Panitia Daerah (Panda) agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, hindari pelanggaran dalam pelaksanaan seleksi penerimaan, baik praktek percaloan maupun hal-hal yang merugikan institusi TNI AL. Ketiga, Lanal dan Posal jajaran Lantamal I sebagai ujung tombak dalam menjaga keamanan di laut wilayah kerjanya, sehingga pahami betul batas wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

(Dispen Lantamal I/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *