May 19, 2024

BRN, Pontianak, TNI AL, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Avianto Rooswirawan, S.E., M.Si., M.Tr.Opsla. menutup Latihan Pencarian dan Penyelamatan (SAR) di Laut Wilayah Kerja Koarmada I TA 2024 di Gedung Malahayati Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal XII Jl. Komodor Yos Sudarso No. 1 Pontianak Kalimantan Barat, Selasa (07/05/2024).

Latihan yang merupakan program kerja tahunan Lantamal XII yang bertujuan meningkatkan kemampuan prajurit di bidang SAR, menyamakan pola pikir, pola sikap, pola tindak serta menguji doktrin dalam melaksanakan pencarian dan pengamanan di laut.

Pada kesempatan ini Danlantamal XII menyampaikan bahwa latihan ini merupakan pertanggungjawaban TNI AL kepada masyarakat dalam mengemban tugas pokok TNI AL dalam melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dimana salah satunya adalah membantu pelaksanaan SAR.

“Sebagaimana laporan yang saya terima dari pelaksana yang dipaparkan tadi, Alhamdulillah latihan ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat kita saksikan bersama pelaksanaan manuver lapangannya. Keterlibatan kita disini merupakan dukungan terhadap Basarnas dalam melaksanakan SAR, untuk itu kita jangan salah dalam mengimplementasikannya,” ungkap Danlantamal XII.

Latihan SAR di wilayah kerja Koarmada I yang telah dilaksanakan di perairan Pontianak sejak Selasa (30/04) melibatkan satuan samping dan pihak-pihak terkait penyelamatan dapat berjalan sesuai dengan hasil evaluasi yang memuaskan dan agar penyelenggaraan latihan kedepannya dapat berjalan lebih baik lagi.

(Dispen Lantamal XII/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *