May 30, 2024

BRN | Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam kondisi aman saat puncak arus balik kedua, yang diperkirakan jatuh 29 – 30 April 2023. Berdasarkan laporan Posko Nasional Sektor ESDM Ramadan dan Idul Fitri 2023 hari Jumat, 28 April 2023, penyaluran gasoline nasional mengalami peningkatan sekitar 13% untuk RON 90, sementara untuk RON 92 mengalami kenaikan sekitar 11% dibanding penyaluran normal. Pemerintah menjamin pasokan BBM bagi masyarakat tersedia dengan baik.

“Ketersediaan BBM dipastikan aman, karena Badan Usaha sudah melakukan build up (penambahan) stok di seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), khususnya jalur utama arus balik. Hingga akhir masa arus balik Pemerintah memastikan ketersediaan BBM aman” ujar Kepala BPH Migas, Erika Retnowati, di Jakarta, Sabtu (29/4/2023).

Sebagaimana diperkirakan sebelumnya, periode libur lebaran tahun ini lebih panjang dibanding tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu, Pemerintah terus melakukan pemantauan secara intensif terkait ketersediaan BBM di berbagai wilayah.

Lebih lanjut Erika menjelaskan, jika dilihat dari pendistribusian, wilayah Jawa Tengah, merupakan wilayah yang paling banyak dilewati pemudik, khususnya Semarang dan sekitarnya. Terpantau permintaan BBM meningkat hingga 70% – 100%, bahkan pada beberapa SPBU di sepanjang jalan tol permintaan bisa mencapai 250% -300% jika dibandingkan kondisi normal.

“Pemudik akan mengisi BBM sebelum melakukan perjalanan menuju kota asal. Jadi kita akan fokus di sana (wilayah Jawa Tengah), terutama sepanjang rest area ruas tol. Di saat bersamaan, pengawasan penyalurannya juga terus dilakukan oleh seluruh Komite BPH Migas, Eselon II dan jajaran,” terangnya.

Demikian juga dengan penyaluran avtur, gas bumi dan LPG nasional, semua terpantau dalam kondisi aman.

Untuk kelistrikan, sistem nasional juga dalam kondisi normal. Di mana Daya mampu pasok nasional berada di atas beban puncak.

Terkait kebencanaan geologi, pasca kejadian gempa bumi magnitudo 6 di Barat Laut Kepulauan Aru, Maluku, Jumat kemarin, sarana dan fasilitas fuel terminal serta penyaluran BBM di SPBU juga dalam kondisi normal.

“Berdasarkan laporan, sarana dan fasilitas Fuel Terminal Dobo maupun Fuel Terminal Tual, Kepulauan Aru, dalam kondisi aman. Tidak terdapat kerusakan akibat gempa. Demikian juga dengan operasional lembaga penyalur BBM, berjalan normal, tidak ada kerusakan,” pungkas Erika.

Sebagaimana diketahui, Posko nasional sektor ESDM untuk Ramadan dan Idul Fitri 2023 telah berlangsung sejak 10 April 2023 hingga 2 Mei 2023 mendatang. Posko bertugas untuk melakukan koordinasi dan mengawasi pasokan energi dan antisipasi kebencanaan geologi. Bertempat di War Room kantor BPH Migas, setiap hari petugas posko secara bergantian bekerja melakukan pemantauan dan menginformasikan kondisi terkini pasokan energi dari seluruh wilayah Indonesia.    *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *