July 27, 2024

BRN | TNI AL, Dumai,-  Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena, M.Tr. Hanla., didampingi Ketua Cabang 4 Korcab I DJAI Ny. Stanley menghadiri peresmian pembangunan Kampung Bahari Nusantara Kabupaten Kepulauan Meranti binaan TNI Angkatan Laut, di Desa Alai, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Senin (15/5/2023).

Peresmian terhadap 68 program Kampung Bahari Nusantara yang ada di Satuan Komando TNI AL yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia tersebut dipimpin secara serentak oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara virtual, langsung dari Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga berdialog melalui konferensi video dengan perwakilan Program Kampung Bahari Nusantara di berbagai daerah. Kegiatan peresmian ini mengangkat tema “Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Mendukung Transformasi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Masyarakat Maritim yang Sejahtera”.

Plt. Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar dalam sambutannya mengapresiasi program Kampung Bahari Nusantara binaan TNI AL dalam hal ini Lanal Dumai dan Pos TNI AL Selatpanjang.

“Apresiasi setinggi-tingginya kami sampaikan kepada TNI AL, khususnya Lanal Dumai dan Pos TNI AL Selatpanjang. Ini merupakan terobosan penting dalam pembangunan khususnya kawasan pesisir karena potensi kelautan yang besar akan memberikan manfaat dan kesejahteraan kepada masyarakat setempat,” ujarnya.

Ia juga menginstruksikan kepada jajaran pemerintah yang bersentuhan langsung dengan program ini memberikan dukungan  agar program ini semakin berkembang.

Sementara itu, Danlanal Dumai dalam sambutannya menyampaikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) merupakan Program TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia oleh Komandan-Komandan Pangkalan, baik Lantamal maupun Lanal di seluruh jajaran.

Kampung Bahari Nusantara (KBN) adalah wujud sinergi antara TNI AL dengan masyarakat. Sinergi ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, dan ekonomi serta pertahanan.

Tentunya dengan adanya program TNI AL tentang Kampung Bahari Nusantara dapat menjadi salah satu wujud komitmen kami khususnya Pangkalan TNI AL Dumai untuk memberikan kontribusi dalam menjalankan program desa binaan TNI AL agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir, Wakapolres Kepulauan Meranti Kompol Robet, sejumlah Kepala OPD, Ketua TP PKK Kepulauan Meranti Ismiatun Asmar, Plt. Camat Tebing Tinggi Barat Rinaldi, Danpos AL Selatpanjang Letda Laut Justin, Danramil Tebing Tinggi Kapten Arh Isnanu, sejumlah pimpinan instansi vertikal, Kepala Desa di wilayah Tebing Tinggi Barat dan Jalasenastri Cabang 4 Korcab I.

(Pen Lanal Dumai/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *