May 17, 2024

JAKARTA | BRN – DPC Peradi Jakarta Barat bekerjasama dengan Universitas Bina Nusantara (Binus) menyelenggarakan Kelas Pendidikan Khusus Profesi Advokat atau PKPA untuk Angkatan ke IX. Kelas PKPA diselenggarakan dari tanggal 29 September hingga 22 Oktober 2023, bertempat di Kampus Kijang, Universitas Binus, Jakarta Barat.

Acara pembukaan kelas PKPA Angkatan IX dibuka pada hari Jumat (29/09/2023), pukul 17.00 wib, bertempat di ruang pertemuan Kampus Kijang Universitas Binus. Kelas dibuka secara hybrid (online dan offline). Jumlah peserta yang mengikuti PKPA Angkatan IX di Kampus Binus sejumlah 205 peserta, baik yang secara online maupun offline.

Acara dihadiri Prof. DR. Shidarta, SH, MH.(Guru Besar Filsafat Hukum Universitas Binus), H. Sutrisno, S.H., M.H. (Wakil Ketua Umum DPN Peradi), Dr. Ir. Firmanto Laksana Pangaribuan, S.H.,M.M.,M.H.(Ketua Bidang PKPA, Sertifikasi dan kerjasama Universitas DPN Peradi), Suhendra Asido Hutabarat, SH, SE, MM, MH.(Ketua DPC Peradi Jakarta Barat)., Nurkholis Cahyasa, S.H., M.H. (Ketua 1 DPC Peradi Jakarta Barat), Herry Suherman, S.H.(Sekretaris DPC Peradi Jakarta Barat), Anggota Bidang PKPA DPC PERADI Jakarta Barat Zahra Kamila, S.H., M.H., pengurus dan panitia PKPA dari DPC Peradi Jakarta Barat.

Ketua panitia PKPA untuk Universitas Binus, Genesius Anugerah, SH., dalam kata sambutan nya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kelas tersebut.”Hari ini ada 205 peserta, baik offline dan online. Kami juga selalu panitia dari kelas PKPA Angkatan IX di kampus Universitas Binus, berharapan peserta dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Para pemateri untuk kelas PKPA ini berkualitas dan kedepan peserta diharapkan bisa menjadi advokat yang berintegritas, ” ujarnya.

Ketua DPC Peradi Jakarta Barat Suhendra Asido Hutabarat, SH, SE, MM, MH. juga mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung acara PKPA Angkatan IX. “Luar biasa. Kelas PKPA yang kita selenggarakan selama ini mencapai lebih dari 200 peserta. DPC Peradi Jakarta Barat sebagai penyelenggara kelas PKPA sudah meluluskan kurang lebih 3000 advokat. Harapan kami, peserta harus mengikuti kelas dengan baik dan benar serta bisa lulus menjadi advokat yang berintegritas. Kami juga menyelenggarakan kelas PKPA yang sesuai dengan Undang-Undang Advokat, dimana hanya Peradi dibawah kepemimpinan Prof. Dr. Otto Hasibuan, SH. MH., yang sah menyelenggarakan kelas PKPA. Semoga peserta bisa lulus UPA dan bisa menjadi advokat yang officium nobile, ” pungkasnya.

Sedangkan Ketua Bidang PKPA, Sertifikasi dan kerjasama Universitas DPN Peradi, Dr. Ir. Firmanto Laksana Pangaribuan, S.H.,M.M.,M.H. menerangkan bahwa Peradi merupakan organisasi Advokat yang ditugaskan oleh negara sesuai undang-undang advokat yang ditetapkan oleh negara. “Saya ucapkan selamat, peserta sudah memilih organisasi Advokat Peradi dibawah kepemimpinan Prof Dr Otto Hasibuan untuk kelas PKPA. Memang PKPA ini merupakan pendidikan profesi, jadi peserta bisa menimba ilmu dikelas. Penyelenggaran ujian UPA nantinya juga kita menerapkan “zero KKN”, sehingga melahirkan para advokat yang berkualitas, ” katanya.

Sedangkan Wakil Ketua Umum DPN Peradi H. Sutrisno, S.H., M.H. dalam sambutan sekaligus yang membuka kelas PKPA Angkatan IX di Kampus Universitas Binus menjelaskan bahwa Peradi dibawah kepemimpinan Prof. Dr. Otto Hasibuan yang sah untuk menyelenggarakan dan mengangkat advokat sesuai dengan Undang-Undang Advokat Pasal 5 Nomor 18 tahun 2003. “Advokat sebagai penegak hukum di Indonesia hanya diangkat oleh DPN Peradi. Tidak mungkin advokat diangkat oleh banyak organisasi, hanya satu organisasi advokat yang diakui oleh negara dan single bar, yaitu Peradi dibawah kepemimpinan Prof. Dr. Otto Hasibuan. Dengan jumlah peserta 205, ini jumlah peserta luar biasa.”

“Doa saya, semoga rekan peserta PKPA bisa semua lulus dan menjadi advokat yang berintegritas dan siap menjadi penegak hukum serta menjunjung tinggi keadilan, ” ujarnya seraya secara resmi membuka kelas PKPA Angkatan IX kerjasama DPC Peradi Jakarta Barat dengan Universitas Binus. (JN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *