October 22, 2024

BRN | Mempawah, TNI AL, Lantamal XII, Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal XII Kolonel Marinir Ernst Rikumahu, CRMP. bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara bendera yang dilaksanakan di Mako Lantamal XII Jalan Wajok Hilir km. 17 Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat, Senin (29/01/2024).

Upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari senin secara rutin, bertujuan untuk pengejawantahan tugas dalam melanjutkan perjuangan, menghormati, dan menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangsa dan negara.

Selain itu, juga mengingatkan generasi penerus guna meningkatkan tugas dan tanggung jawab untuk terus meneguhkan komitmen pengabdian kepada bangsa dan negara seperti yang dicontohkan oleh para pendahulu.

Dalam amanatnya, Aspotmar Danlantamal XII menyampaikan dalam waktu dekat Kumai akan divalidasi menjadi Lanal yang akan masuk dalam struktur organisasi Lantamal XII.

“Kita akan merangkul Kumai, selama ini Kumai adalah Posal yang posisinya berada di Kalimantan Tengah dibawah Lanal Banjarmasin dan Lantamal XIII Tarakan. Namun di tahun 2024, Kumai akan divalidasi menjadi Lanal, dan tentunya akan ada personel yang diproyeksikan kesana. Siapa aja yang kira-kira masuk ke struktur organisasi Lanal Kumai nantinya, agar persiapkan diri untuk validasi dan pembentukan Lanal Kumai tersebut,” tambahnya.

Selain itu Irup juga menegaskan, sebagai prajurit TNI untuk bersikap netral dalam pesta demokrasi yang tidak lama lagi akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

(Dispen Lantamal XII/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *