July 20, 2024

BRN | JAKARTA – Hotel Amaris Kemang, 29 Oktober 2022, Persaingan global saat ini khususnya di bidang teknik arsitektur untuk menyesuaikan pola pikir sehingga setiap alumni Fakultas Teknis Arsitektur Universitas Merdeka Malang mampu hadir dalam kompetisi global dan bahkan menjadi bagian yang perlu diperhitungkan, disampaikan oleh Ketua Ikatan Alumni Arsitektur Umer Malang (IA-AREMMA), Arman Gelora Putra dalam Musyawarah Besar I IA-AREMMA yang diselenggarakan secara hibrid pada tanggal 29 Oktober 2022 Pusat di Hotel Amaris Kemang, Jakarta.

IA-AREMMA dibentuk oleh para alumni Arsitektur Unmer Malang untuk menggali potensi dan jaringan alumni yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia bahkan di mancanegara. Alumni Arsitektur Unmer Malang telah terlibat dalam berbagai proyek besar dan mercusuar sekaligus mengibarkan panji-panji almamater Prodi Arsitektur Unmer Malang. IA-AREMMA yang telah terbentuk bertujuan dalam jangka panjang juga dapat membantu meningkatkan dan menyempurnakan materi kurikulum Prodi Arsitektur sehingga sesuai dengan perkembangan zaman dan konsep kekinian. Penyempurnaan materi kurikulum ini akan memberikan nilai tambah bagi mahasiswa Prodi Arsitektur sehingga mampu meningkatkan kualitas lulusan sekaligus meningkatkan animo generasi muda untuk menjadi mahasiswa prodi arsitektur.

IA-AREMMA sendiri memerlukan waktu yang cukup panjang, dimulai sejak bulan November 2018, para alumni mulai melakukan diskusi mengenai peran yang dapat diberikan untuk mendukung pengembangan Prodi Arsitektur Unmer. Pada pertengahan tahun 2022, aspirasi para alumni mengkerucut dengan konsultasi bersama Rektor III Fakultas Teknik Unmer Malang, Dr. Rudi Wakil Hariyanto, ST, MT dan komunikasi dengan Dwi Cahyono, SE selaku Ketua Alumnimer Unmer Malang untuk mendapatkan masukan mengenai pembentukan prodi alumni Arsitektur Unmer Malang .

Para Pengurus DPP KSB
Para Pengurus DPP KSB

Sebagai tindak lanjut, dilakukan pertemuan antara perwakilan alumni dengan Prodi Arsitektur FT Unmer Malang dan terbentuklah Panitia Pelaksana (Panpel) Dies Natalis dan pembentukan Ikatan Alumni. Panpel bergerak secara sistematis dan masif untuk mengumpulkan data alumni dari Angkatan 1 (lulus 1983) sampai dengan Angkatan terakhir yang lulus di tahun 2018 dengan jumlah alumni mencapai 1.064 orang.

Dengan koordinasi yang baik, Panpel melakukan pertemuan dengan Kaprodi Arsitektur Unmer Malang untuk membahas rencana pelaksanaan acara pengukuhan Alumni Arsitektur Unmer Malang sebelum pengenalan pengurus IA-AREMMA. Surat undangan juga dikirimkan oleh Panpel kepada seluruh alumni untuk menghadiri Musyawarah Besar I alumni Arsitektur Unmer Malang.

Acara Musyawarah Besar I IA-AREMMA mengusung tema “Persatuan, Solidaritas, Kolaborasi dan Sinergi antar Alumni Arsitektur Unmer Malang dalam mendukung almamater secara terprogram dan berkelanjutan dengan konteks Arsitektur Unmer Malang Berkarya”. Acara dihadiri oleh perwakilan Angkatan mulai dari tahun 1985 sampai dengan 2015 dan diikuti juga secara online oleh alumni yang berada di seluruh wilayah Indonesia. Sambutan diberikan oleh Wakil Rektor III dan Ketua Alumni Unmer Malang Pusat dan dilakukan komunikasi per telepon dengan Dekan Fakultas Teknik Unmer Malang, Prof. Ir. Agus Suprapto, MSc, Ph.D. Dalam Mubes I, diputuskan secara aklamasi penetapan Arman Gelora Putra ST sebagai Ketua Umum IA-AREMMA Periode 2022-2027 beserta formatur Kepengurusan dan Perwakilan Wilayah untuk periode yang sama.

Sebagai puncak acara pembentukan IA-AREMMA, pada tanggal 29-30 November 2022 akan dilaksanakan pengukuhan pengurus IA-AREMMA Periode 2022-2027 disertai acara seminar arsitektur dan bazar di kampus Unmer Malang. Puncak acara tersebut juga direncanakan akan menghadirkan Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Bapak Dr. H. Salahuddin Uno, BBA, MBA dan Menteri Pendidikan & Kebudayaan, Bapak Nadiem A. Makarim, BA, MBA.

Pada kesempatan tsb ibu Ir. RR Diah Ruliowati, Arch sebagai Bendahara yang juga sebagai anggota Media Independen Online (MIO) Provinsi DKI Jakarta mengatakan “Pada acara puncak juga akan dilaksanakan pameran karya alumni Arsitektur Unmer Malang dan dukungannya dalam pengembangan industri pariwisata di Indonesia sebagai bukti nyata peran alumni Arsitektur Unmer Malang Ucap Diah Ruliowati. *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *