May 30, 2024

JAKARTA | BRN – Dewan Pengurus Daerah Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI) Provinsi DKI Jakarta, menggelar jalan sehat dan berpoco-poco GWR dengan tema “Kita Per Erat Persahabatan Melalui Olahraga”, hadir DPD FOKBI DKI Provinsi DKI Jakarta bersama Ketua Umum FOKBI, Prof. DR. Sapta Nirwandar, M. Sc, Sekjen FOKBI, Bapak Sudarminto, Ibu Melanie Laimena Suharli M.M , Ibu Lili G. Kamel dan Grup Angklung,Tabelo – Maumere,lintas komunitas diantaranya; Cinta Berkain, Jantung Sehat, Betawi Rempug, Abang None DKI Jakarta.

Ketua DPD Provinsi DKI Jakarta, Hjh.Marie Amadea Ismayani M.Ikom
yang akrab disapa Maya Saroso
mengatakan,”Acara hari ini ada sekitar 300 peserta yang berpartisipasi, terdiri dari berbagai komunitas yang cinta berkebaya, komunitas angklung yang meramaikan dan masih banyak lagi. Mereka akan ikut berpoco-poco. Mudah-mudahan kita bisa dengan semangat yang luar biasa serta mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat, “ujar Maya Saroso, sapaan dari ketua DPD FOKBI DKI di Bundaran Hotel Indonesia menuju Car Free Day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat ; Center Point Of Activity Indofood Tower
Minggu Pagi, (25/6).

Dalam sambutannya yang akrab Maya Saroso juga menjelaskan
“Berpoco-poco dan jalan-jalan sehat ini juga dalam rangkaian perayaan HUT DKI Jakarta yang ke-496, yang pada tahun 2023 mengusung tema “Jadi Karya untuk Nusantara” dengan Slogan “Sukses Jakarta untuk Indonesia”, artinya bermakna akan kesiapan Jakarta untuk mengoptimalisasi seluruh sumber daya dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat, menjadi barometer kemajuan bagi daerah lain di Indonesia,” jelasnya

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum FOKBI, Prof. DR. Sapta Nirwandar, M. Sc dalam sambutannya mengatakan, ” Event hari ini luar biasa. DPD Provinsi DKI Jakarta walaupun masih baru namun sudah bisa berkarya. Hari ini event dengan jalan dari bundaran HI ke gedung Indofood. Saya lihat berbagai komunitas hadir, ada dari komunitas kebaya, angklung budaya. Dalam event ini juga mendorong budaya Indonesia untuk bisa menjadi penyemangat sekaligus memberikan kebahagiaan. Makin sehat, makin segar, makin bugar. Juga even ini ekonomi kreatif DKI Jakarta tentunya adanya kegiatan-kegiatan ini mampu menaikan perekonomi kreatif bagi pihak-pihak yang ambil andil dalam setiap kegiatan dari FOKBI,” ujar Ketua Umum FOKBI.

Event Perdana Dewan Pengurus Daerah (DPD ) Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI) didukung oleh; PEMPROV DKI JAKARTA, KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia , sebuah lembaga yang menaungi berbagai induk olahraga rekreasi di Indonesia), OFFICIAL ATEMPT (Guiness World record), dan disponsori oleh PT CIRIAJASA INFRASTRUKTUR ; oleh Keegan Maulidia Goesmanshah AVMP, AL’AMIN UNIVERSAL TRAVEL UMROH DAN HAJI; oleh Hjh.Melani Leimena Suharli, STARINA ( Solidaritas Artis Indonsia); oleh Neni Triana, SANQUA, ENTRASOL, dan PEREMPUAN BERKEBAYA INDONESIA JAKARTA.

Gelaran acara jalan sehat dan berpoco-poco oleh DPD FOKBI Provinsi DKI Jakarta,selain dalam rangka merayakan HUT DKI Jakarta ke-496 ,juga sebagai wujud rasa syukur dan bertujuan memperkenalkan diri kepada masyarakat luas atas kehadiran DPD FOKBI Provinsi DKI Jakarta,setelah dilaksanakannya Pelantikan oleh Ketua Umum FOKBI ,Prof. DR. Sapta Nirwandar, M. Sc, kepada Ketua DPD Provinsi DKI Jakarta, Hjh.Marie Amadea Ismayani M.Ikom bersama segenap jajaran DPD FOKBI Provinsi DKI Jakarta periode 2023-2028 pada 16 Mei lalu, serta ekspektasi semangat menyongsong HUT FOKBI yang ke V, pada 5 Agustus 2023 Mendatang.

Maya Saroso sebagai Ketua DPD FOKBI DKI Jakarta, Angeline.S Rai sebagai Sekertaris DPD FOKBI DKI Jakarta, Dr.Ir.Kamaruzzaman Onaning sebagai Bendahara DPD FOKBI DKI dan Ketua Panitia, Ir. Nyimas Nining Agoes yang juga Kabid Seni dan Budaya-Fokbi DPD DKI Jakarta dan seluruh Jajaran FOKBI Provinsi DKI Jakarta masa bakti 2023- 2028,

Maya Saroso menambahkan, bahwa
FOKBI berkomitmen menjalankan program kerja FOKBI untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, sekaligus meningkatkan kebugaran dan kegembiraan masyarakat dilingkungan Provinsi DKI Jakarta serta mendukung Program Nasioanal Pemerintah atas event Nusantara sebagai stimulasi sektor pariwisata ekonomi kreatif dalam rangka mendorong perekonomian Nasional umumnya, dan Provinsi DKI Jakarta khususnya.

Prespektif budaya lokal Nusantara acara Jalan Sehat dan ber Poco-Poco disosialisasikan oleh DPD FOKBI DKI Provinsi DKI Jakarta, memiliki manfaat dan nilai edukasi yaitu pentingnya mengenal dan memelihara peradaban kebudayaan Indonesia terutama dikalangan anak – anak dan remaja milenia, DPD FOKBI Provinsi DKI Jakarta mengapresiasi turut sertanya komunitas anak -anak ber Poco- Poco bahkan dalam waktu dekat memiliki agenda untuk mengikuti kejuaraan Fornas di Bandung, tentunya hal ini diharapkan bisa menjadi role model dari dominasi trend budaya barat yang cenderung digandrungi dan masuk ke dalam kehidupan sehari-hari dan tumbuh menjadi kebiasaan , sehingga berdampak kepada proses akulturasi yang menekan dan mengikis nilai tradisi kearifan budaya lokal, secara perlahan mengalami kepunahan karena tidak mampu bersaing dengan budaya modern ,hal ini menjadi perhatian dan pekerjaan rumah yang utama bagi DPD FOKBI Provinsi DKI Jakarta,” ujar Maya

DPD FOKBI Provinsi DKI Jakarta adalah representasi identitas keunikan budaya lokal yang hadir penuh makna untuk menjawab kerinduan dan mengajak berbahagia penduduk Kota Metropolitan yang Heterogenitas dengan gambaran padat penduduk, rutinitas dan kesibukan , kemacetan dan memiliki pengaruh tranformasi sosial, maka DPD FOKBI Provinsi DKI Jakarta memiliki ide,gagasan dan konsep acara berupa gaya hidup sehat yang berbahagia, dituangkan dalam bentuk acara jalan sehat dan berpoco-poco di tengah aspek fisik Bangunan Bangunan megah kota Jakarta, dengan kenyamanan landscape tata ruang kota sebagai sarana ikon Car Free Day, menambah semarak HUT DKI Jakarta yang ke- 496, Karya untuk Nusantara, Sukses Jakarta untuk Indonesia.

Melani, perwakilan Sekjen FOKBI mengatakan, “Hari ini sangat senang dapat berpartisipasi untuk menjalankan acara ini. Selain menjadikan kita sehat, juga mengangkat budaya melalui tarian-tarian dari berbagai daerah. Antusias warga masyarakat bergabung membuat sehat dan membuat orang-orang bergairah bersemangat apalagi diadakannya hari Minggu. Semoga giat seperti ini kedepannya bisa diadakan kembali lagi kedepannya, “pungkasnya. (Rul).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *